Premier League Liga Inggris

David Moyes Pelatih Baru West Ham Gantikan Manuel Pellegrini

Oleh: Iswara N Raditya - 30 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
David Moyes pelatih baru West Ham usai Manuel Pellegrini dipecat.
tirto.id - Usai memecat Manuel Pellegrini setelah dipermalukan Leicester City 1-2 dalam pekan 20 Liga Inggris Premier League 2019/2020, West Ham United bergerak cepat mencari pengganti sang pelatih. Adalah David Moyes yang kembali ditunjuk untuk menukangi The Hammers.

West Ham kalah 1-2 di kandang sendiri dari Leicester City pada Minggu (29/12/2019) kemarin. Kekalahan ini membuat Jack Wilshere dan kawan-kawan semakin dekat dengan zona degradasi, menempati urutan 17 di klasemen sementara Premier League 2019/2020.

Satu jam setelah laga itu, West Ham mengumumkan pemecatan Pellegrini dari kursi pelatih. "Dengan sangat menyesal kami harus mengambil keputusan ini,” ucap Bos West Ham, David Sullivan, melalui laman resmi klub.

“Manuel seorang gentle dan senang bisa bekerja dengan pelatih sekaliber dia. Akan tetapi, jelas kiranya tim ini butuh perubahan untuk bisa segera kembali ke jalur yang sesuai dengan ambisi kami musim ini,” imbuhnya.

“Kami merasa perlu untuk bersikap segera agar manajer baru punya waktu yang cukup untuk mewujudkan itu,” tambah Sullivan.



Tak sampai 24 jam, The Hammers sudah punya pelatih baru pengganti Pellegrini, yakni David Moyes. Eks juru taktik Everton dan Manchester United ini sebenarnya sudah pernah membesut West Ham pada perjalanan musim 2017/2018.

Situasi kala itu nyaris persis dengan saat ini: Moyes harus menyelamatkan West Ham dari degradasi yang ketika itu berhasil dilakukannya. Moyes kali ini dikontrak selama 18 bulan ke depan.

“Menakjubkan kembali lagi. Rasanya senang berada di rumah," tutur Moyes dikutip Antara, Senin (30/12/2019), dari Reuters.

"Saya rindu berada di sini. Saya menikmati berada di sekitar stadion dan saya senang berada di bagian dunia ini dan saya merindukan klub ini, jadi saya tidak sabar untuk memulai,” imbuh pelatih asal Skotlandia ini.

Moyes sebelumnya sempat dikabarkan bakal kembali ke Everton, namun The Toffees ternyata menjatuhkan pilihan kepada pelatih berpengalaman asal Italia, Carlo Ancelotti.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight