Piala Dunia 2018

Data & Fakta Menarik Setelah Laga Swedia vs Inggris

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 7 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Inggris lolos ke semifinal.
tirto.id - Pertandingan Swedia vs Inggris dalam perempat final Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018) berakhir dengan skor 0-2. Terlepas dari hasil akhir yang memastikan Inggris lolos ke semifinal, ada beberapa data dan fakta menarik yang terjadi dalam laga antara dua wakil Eropa tersebut.

Berikut data dan fakta menatik setelah laga Swedia vs Inggris:
  • Harry Maguire cetak gol debutnya untuk Timnas Inggris, setelah melakoni caps keenam bersama The Three Lions.
  • Inggris samai rekor produktivitas pribadi dalam ajang Piala Dunia. Rekor lama terjadi pada 1966. Sejauh ini, skuat asuhan Gareth Southgate telah mengemas 11 gol atau sama dengan torehan 52 tahun lalu.
  • Dua pemain Tottenham mampu cetak gol pada Piala Dunia yang sama sejak 1970. Kedua pemain yang dimaksud adalah Harry Kane dan Dele Alli. Sementara itu edisi 1970 dua pemain Tottenham yang mengemas gol adalah Martin Peters dan Allan Mulary.
  • Inggris jadi tim dengan jumlah gol sundulan kepala terbanyak di Piala Dunia 2018. Sejauh ini skuat asuhan Southate telah menjaringkan lima gol lewat tandukan kepala.
  • Alli (22 tahun 87 haru) jadi pemain termuda kedua sepanjang sejarah yang mampu mencetak hasil. Saat ini rekor tersebut tercatat atas nama Michael Owen saat berusia 18 tahun 190 hari.
  • Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia setelah terakhir kali melakukannya pada tahun 1990 di Italia.
  • Swedia gagal lolos ke semifinal. Terakhir kali pencapaian ini terjadi adalah pada 1958. Saat itu, Swedia bahkan mampu tampil sebagai runner-up.
  • Sejauh ini Inggris telah lolos ke semifinal Piala Dunia sebanyak tiga kali. Yakni pada 1966 dan 1990.
Laga Swedia vs Inggris sendiri berlangsung dengan dominasi The Three Lions. Dua gol Inggris masing-masing dicetak Harry Maguire dan Dele Alli.

Maguire mencetak gol di menit ke-30. Memaksimalkan sebuah umpan sepak pojok, ia menyundul bola untuk mengecoh kiper Swedia dan menggetarkan gawang.


Sedangkan gol kedua yang dicetak Dele Alli tercipta pada menit ke-58. Gol ini juga lahir lewat sebuah sundulan kepala.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight