tirto.id - Danone Indonesia menyabet penghargaan Best Companies for Nature and Environmental Sustainability di ajang CNN Indonesia Awards 2024. Penganugerahan ini memperpanjang daftar penghargaan Danone Indonesia atas komitmennya pada lingkungan berkelanjutan.
Penghargaan tersebut diberikan kepada Danone Indonesia atas perannya selama ini dalam melestarikan sumber daya air serta mendukung pembangunan berkelanjutan di Jawa Barat.
Apresiasi terhadap kontribusi Danone Indonesia didasari oleh penilaian para juri ajang CNN Indonesia Awards 2024. Digelar keenam kalinya dengan tajuk "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju," CNN Indonesia Awards 2024 memberikan penghargaan kepada sejumlah pemerintah kabupaten/kota, BUMD, serta pihak swasta yang berkontribusi dalam kemajuan berbagai bidang di Jawa Barat.
Berbicara dalam ajang penghargaan itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengapresiasi kontribusi sejumlah pihak untuk mendukung kemajuan Jabar. Dia berharap pemberian penghargaan menjadi inspirasi untuk meningkatkan inovasi dan kolaborasi.
“Kita membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan,” kata Bey Machmudin dalam pidatonya.
Komitmen Danone Indonesia untuk Lingkungan Berkelanjutan
Penghargaan Best Companies for Nature and Environmental Sustainability di ajang CNN Indonesia Awards 2024 membuktikan keseriusan Danone dalam mendukung pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.
Danone Indonesia dinilai telah melaksanakan aksi nyata menjaga kelestarian alam di Jawa Barat melalui pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, pengurangan karbon dalam proses produksi, serta pengelolaan sampah.
Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, menyatakan bahwa penghargaan tersebut selaras dengan visi Danone Indonesia: "One Planet, One Health."
“Dalam menjalankan bisnis, kami berpegang teguh pada visi: One Planet, One Health. Kami percaya, bumi yang sehat akan menciptakan masyarakat yang sehat pula, sehingga dalam rantai bisnis, pelestarian alam dan lingkungan menjadi prioritas kami,” kata Arif dalam siaran resmi Danone Indonesia.
Dalam setiap langkah bisnisnya, Danone Indonesia menempatkan pelestarian alam sebagai prioritas utama. Komitmen ini pun tercermin di berbagai program CSR Danone yang terfokus pada pengelolaan sumber daya air, pengurangan emisi karbon, hingga pengelolaan sampah plastik.
“Kami juga memiliki Danone Impact Journey sebagai kompas dan peta jalan kami dalam memberi dampak nyata bagi masyarakat yang berorientasi pada pelestarian lingkungan, pertumbuhan masyarakat, dan kesehatan," terang Arif.
Kontribusi Danone Indonesia untuk Lingkungan Berkelanjutan
Danone Indonesia selama ini telah melaksanakan sejumlah program untuk mewujudkan lingkungan berkelanjutan. Inisiatif ini muncul di berbagai langkah bisnis dan pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), termasuk program CSR Danone Indonesia.
Beberapa contoh bukti kontribusi nyata Danone Indonesia untuk lingkungan berkelanjutan, khususnya di Jawa Barat, adalah:
1. Pelestarian Sumber Daya Air
Danone Indonesia aktif terlibat dalam pengelolaan terpadu sumber daya air di berbagai Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah operasional mereka, termasuk Jawa Barat.Sebagai bagian dari program konservasi di daerah hulu, Danone telah menanam 880.705 pohon, membangun 1.204 sumur resapan, hingga menyediakan 4.230 unit rorak. Danone Indonesia tercatat pula membantu pelestarian 11.000 pohon khas Jawa Barat dengan total cakupan lahan seluas 44,44 hektar.
Berbagai upaya itu diharapkan mendukung kelestarian lingkungan di DAS serta menjaga ketersediaan sumber daya air.
2. Program Pertanian Regeneratif
Untuk mendukung green agriculture, Danone Indonesia meluncurkan program pertanian regeneratif yang sudah mencakup total lahan 35.6 ha. Program ini turut melibatkan dan memberdayakan petani di Jawa Barat.Pertanian regeneratif adalah sistem produksi pangan yang tidak hanya berfokus pada hasil panen, tapi juga memprioritaskan pemeliharaan kesehatan tanah, keseimbangan ekosistem, melindungi iklim, pengelolaan sumber daya air, dan kelestarian keanekaragaman hayati.
Penerapan sistem ini sejalan dengan konsep green agriculture karena produktivitas lahan pertanian tetap bisa ditingkatkan tanpa harus merusak lingkungan.
3. Pembangunan Sarana Air Bersih
Pembangunan sarana air bersih termasuk salah satu program CSR Danone Indonesia di berbagai wilayah operasinya. Khusus di Jawa Barat, Danone Indonesia telah membangun 179 sarana air bersih yang menjangkau 887.000 penerima manfaat. Melalui program ini, Danone Indonesia hendak berkontribusi pada upaya pemerataan akses air bersih bagi masyarakat di berbagai wilayah.4. Pengurangan Emisi Karbon
Danone Indonesia telah melaksanakan sejumlah langkah mengurangi emisi karbon agar proses produksinya ramah lingkungan. Di antara upaya perusahaan dalam menciptakan proses produksi lebih ramah lingkungan adalah dengan efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan melalui instalasi pembangkit listrik tenaga surya atap (PLTS Atap).Danone Indonesia sudah membangun beberapa instalasi PLTS Atap di beberapa pabriknya di Jawa Barat. Danone membangun PLTS Atap untuk pabrik-pabrik di Ciherang, Mekarsari, Cianjur yang telah terbukti dapat mengurangi emisi sebesar 3.894 ton CO2 per tahun.
Komitmen Danone Indonesia mewujudkan proses produksi ramah lingkungan serta menjaga kelestarian alam telah mendapatkan pengakuan pemerintah.
Apresiasi itu berupa penghargaan PROPER Hijau yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk 6 pabrik di Jawa Barat.
5. Mengatasi Sampah Plastik
Danone Indonesia sadar betul bahwa salah satu masalah serius bagi lingkungan adalah sampah plastik. Maka itu, Danone Indonesia menghadirkan gerakan #BijakBerplastik yang berfokus kepada kegiatan pengumpulan sampah, edukasi, serta inovasi produk.Di Jawa Barat, gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan oleh Danone Indonesia sejauh ini telah mengumpulkan 718 ton sampah plastik per tahun. Upaya ini dibarengi pengembangan 2 Recycle Business Unit (RBU) dan 43 bank sampah.
Gerakan #BijakBerplastik telah mengedukasi 30.254 masyarakat setiap tahunnya. Melalui program ini, Danone Indonesia menyosialisasikan teknik pengelolaan sampah yang tepat kepada masyarakat di Jawa Barat.
Komitmen menangani masalah plastik menjadi dasar pula bagi langkah Danone Indonesia menerapkan model bisnis guna ulang, seperti menghadirkan galon yang dapat digunakan kembali dan inovasi botol 100% daur ulang.
Editor: Iswara N Raditya