Dampak Covid-19, Perilisan Film Minions: The Rise of Gru Ditunda

Oleh: Sirojul Khafid - 20 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Minions: The Rise of Gru tunda tayang akibat wabah covid-19.
tirto.id - Universal dan Illumination, studio produksi yang menggarap Minions: The Rise of Gru, menyatakan bahwa terdapat gangguan pada proses pascaproduksi akibat wabah covid-19.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, hal tersebut mengakibatkan perilisan animasi spin-off Despicable Me ini tidak mungkin sesuai jadwal pada pada 3 Juli 2020 di Amerika Serikat (AS), dan akhir Juni di luar AS. Belum ada informasi terkait tanggal rilis baru.

CEO Illumination, Chris Meledandri, menyatakan bahwa untuk menanggapi parahnya situasi di Prancis, mereka menutup studio Mac Guff Illumination yang berada di Prancis, seperti yang diwartakan Variety.

"Dengan keputusan ini kami mematuhi pedoman pemerintah Prancis dan melakukan segala yang mungkin untuk memperlambat penyebaran virus saat kami merawat artis kami dan keluarga mereka. Ini berarti kami tidak akan dapat menyelesaikan Minions: The Rise of Gru tepat pada waktunya untuk rencana rilis global kami pada akhir Juni dan awal Juli," lanjut Meledandri.


Meledandri juga menambahkan bahwa saat semua orang bergulat dengan dahsyatnya krisis ini, mereka harus mengutamakan keselamatan dan perlindungan terhadap karyawannya. Mereka menantikan untuk bisa menentukan tanggal rilis baru untuk kembalinya Gru dan Minion.

Universal dan Illumination merupakan studio produksi pertama yang menyatakan penundaan tanggal rilis akibat kendala pascaproduksi. Banyak film yang menunda perilisan lantaran bioskop-bioskop tutup dalam jangkauan yang luas.

Pada hari Rabu (18/3/2020), dari 5.400 bioskop di AS, hanya sejumlah 430 bioskop yang tetap buka. Penutupan bioskop meliputi jaringan bioskop AMC Theatres, Regal dan Cinemark. Penutupan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebagian besar bioskop yang tutup untuk jangka waktu tidak terbatas bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Hanya AMC Theatres, jaringan bioskop terbesar di AS, yang telah menentukan penutupan bioskopnya selama enam hingga 12 minggu.

Minions: The Rise of Gru merupakan film besar ketiga dari Universal yang menunda perilisannya akibat covid-19. Sebelumnya mereka menunda perilisan Fast & Furious 9 hingga 2021 dan Trolls World Tour hingga 10 April 2020.

Film lain yang tertunda perilisannya akibat covid-19 di antaranya James Bond No Time to Die, Fast Furious 9, Mulan, Peter Rabbit 2 dan A Quite Place 2. Sementara film dan serial yang tertunda dalam proses produksinya di antaranya Stranger Things 4, Avatar 2, Fantastic Beasts and Where to Find Them, The Batman, Matrix 4, King Richard, Jurassic World: Dominion, Flint Strong, The Man From Toronto, Mission: Impossible 7, The Falcon and The Winter Soldier, Loki dan WandaVision.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight