tirto.id - Daihatsu berhasil meraih posisi dua dalam pasar otomatif nasional dengan market share 17,3% atau penjualan sebesar 185.240 unit di sepanjang 2017 (retail sales).
Sedangkan untuk wholesales, Daihatsu menorehkan angka penjualan mencapai 186.381 unit atau market share 17,3%. Dari data ini menunjukkan, Daihatsu tidak hanya mengejar penjualan namun juga menjaga jumlah stok unit pada saluran distribusinya.
Daihatsu Sigra populer menjadi pilihan keluarga Indonesia dengan retail sales 48.293 unit atau mendominasi market share 26%.
Capaian tersebut sulit disusul Daihatsu Xenia yang ada di posisi tiga dengan penjualan 36.948 unit (20%). Sedangkan di urutan kedua Gran Max Pick Up (PU) dengan kontribusi penjualan 22% (40.324 unit).
Selanjutnya adalah Daihatsu Ayla di angka penjualan 27.587 unit (15%) dan disusul Daihatsu Gran Max Mini Bus (MB) sebesar 13.279 unit (7%). Di posisi enam Daihatsu Terios (10.728 unit) serta model lain (Copen, Luxio, Sirion, dan Hi-Max) yang berkontribusi 8.081 unit.
Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia atas pencapaian tersebut. "Daihatsu mampu meraih prestasi yang membanggakan di tengah sengitnya persaingan pasar otomatif," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Tirto.id, Selasa (23/1/18).
Pada sisi whole sales, Daihatsu Sigra masih di posisi teratas mendominasi penjualan 24% (44.993 unit) disusul Gran Max PU (41.703 unit) dan Xenia sebanyak 28.535 unit (21%).
Daihatsu Ayla menyumbang 28.051 unit (15%) di posisi empat disusul Gran Max MB (14.529) dan Terios (11.338 unit). Sementara Daihatsu tipe lainnya berkontibusi penjualan sebesar 7.232 unit (Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen).
"Kami berharap pencapaian ini dapat terus memotivasi kami, untuk memberikan yang terbaik pada produk maupun pelayanan purnajual Daihatsu," tambah Amelia dalam siaran resminya.