tirto.id - Hari Pelanggan Nasional (HPN) diperingati hari ini, Senin, 4 September 2023. Tahun ini, merupakan peringatan HPN ke-20 sejak dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Sukarnoputri pada 4 September 2003.
Awalnya, Hari Pelanggan Nasional digagas oleh CEO Frontier Group, Hendi Irawan D, gagasan ini muncul karena Hendi merasa sistem layanan pelanggan perusahaan di Indonesia masih harus banyak berbenah.
Sehingga, dia mengajak seluruh perusahaan di Indonesia untuk menyelami pentingnya peran layanan pelanggan yang memuaskan dalam menjalankan bisnis.
“HPN sendiri merupakan hari di mana setiap perusahaan dapat merenungkan secara mendalam mengenai pelanggan mereka,” jelas Hendi dikutip laman Diskominfo Kaltim.
Gagasan dari Hendi ini disambut baik oleh berbagai pihak termasuk kepala negara kala itu, terbukti dengan hadirnya sekitar 200 jajaran Direktur Utama dari berbagai perusahaan dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat acara pengesahan HPN.
Dengan demikian, sejak dicanangkan oleh Presiden Megawati, Hari Pelanggan Nasional menjadi hari besar nasional milik seluruh perusahaan di Indonesia yang memiliki komitmen dan fokus utama kepada kepuasan pelanggan.
Hingga saat ini, Hari Pelanggan Nasional dirayakan oleh lebih dari 500 perusahaan di seluruh penjuru Indonesia.
Mengutip laman resmi Hari Penggan Nasional, peringatan ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem, seperti pelanggan loyal, perusahaan maju, dan akhirnya negara pun maju.
Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau.
Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan.
Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.
Kumpulan Ucapan Hari Pelanggan Nasional 2023
Merayakan Hari Pelanggan Nasional dapat dilakukan dengan menyampaikan ucapan hangat kepada pelanggan, seperti kumpulan ucapan berikut ini.
- Setiap pelanggan itu penting dan oleh karena itu, setiap pelanggan harus diperlakukan dengan penuh rasa hormat. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Pada peringatan Hari Pelanggan Nasional, kita harus selalu ingat bahwa pelanggan adalah pihak yang bertanggung jawab atas keberhasilan bisnis apa pun. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Salam hangat di Hari Pelanggan Nasional untuk semua. Jika Anda memenangkan hati pelanggan hari ini, Anda akan memenangkan hatinya seumur hidup dan menikmati kesuksesan besar dalam bisnis Anda.
- Tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa pelanggan dan oleh karena itu, pelanggan harus dihormati dan dihargai lebih dari apa pun. Selamat Hari Pelanggan Nasional untuk Anda.
- Pelanggan mengingatkan kita akan pentingnya pelanggan bagi kesuksesan sebuah bisnis. Salam hangat di hari yang istimewa ini untuk semua. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selalu pastikan bahwa Anda membuat pelanggan Anda bahagia karena merekalah yang akan membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Selamat Hari Pelanggan Nasional untuk Anda.
- Bisnis yang meremehkan kekuatan pelanggan akan mengalami kegagalan besar. Semoga semua bisnis mengucapkan Selamat Hari Hak Pelanggan Sedunia.
- Pelanggan adalah raja dan oleh karena itu, harus dilayani dengan yang terbaik. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kejujuran dan perhatian adalah beberapa hal yang selalu membuat pelanggan bahagia. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Membuat pelanggan bahagia adalah tugas setiap bisnis dan mereka yang memenuhinya akan meraih kesuksesan. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selalu dekat dengan pelanggan Anda untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan bahkan sebelum mereka menyadari kebutuhan mereka. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Anda akan selalu berkembang lebih baik dan lebih cepat ketika Anda memiliki pelanggan yang bahagia di sisi Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Jika Anda menghargai pelanggan Anda, maka pelanggan Anda akan menghargai Anda. Salam hangat di Hari Pelanggan Nasional.
- Anda bisa mengalahkan semua kompetisi lain dengan bekerja sama dengan pelanggan dan berbicara untuk mereka. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Jika Anda memberikan hak-hak setiap pelanggan, mereka akan menjadi pelanggan setia Anda dan memastikan bahwa kelompok terdekat mereka juga berbisnis dengan Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Pasar tanpa konsumen akan menjadi langit malam tanpa bintang dan bulan. Lindungi hak-hak mereka dan layani mereka dengan sebaik-baiknya untuk reputasi dan ketenaran yang lebih besar. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Tanpa konsumen, semua bisnis di pasar akan lenyap. Mereka adalah primadona tertinggi dan primadona dalam rantai permintaan-penawaran. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Dibutuhkan kejujuran dan kelembutan untuk membuat konsumen senang. Berlatihlah lebih keras setiap saat untuk kesuksesan yang lebih besar. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Jika saya menerima pesan terima kasih yang tulus dari perusahaan yang saya sukai, kemungkinan besar saya akan membeli kembali dari mereka.
- Siapa yang tidak ingin dihargai? Kita semua. Ada keinginan bawaan dalam diri kita untuk merasa diinginkan. Itu adalah kebutuhan yang tidak banyak disadari oleh perusahaan. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Ucapan terima kasih yang tulus dan sederhana dapat menghangatkan jutaan hati. Dengan mengembangkan budaya mengirimkan kutipan apresiasi kepada pelanggan, Anda dapat melejit melewati raksasa pasar dan mengukir ceruk pasar Anda sendiri. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Faktanya, kegagalan untuk menghargai pelanggan Anda dapat membuat mereka merasa mereka tidak penting bagi Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Mengirimkan kutipan apresiasi kepada pelanggan menunjukkan sisi kemanusiaan bisnis Anda sehingga meningkatkan koneksi dan penjualan.
- Anda adalah sumber kehidupan bisnis ini. Tanpa Anda, kami tidak akan ada. Kesetiaan Anda adalah bahan bakar yang membuat kami terus berjalan. Anda sangat berarti bagi kami. Terima kasih telah menjadi pelanggan setia. Kami tidak akan bisa mencapai titik ini jika bukan karena Anda.
- Apalah arti sebuah bisnis tanpa pelanggan? Kami merasa terhormat karena Anda menganggap kami layak untuk membeli dari kami. Dari lubuk hati kami yang paling dalam, di Hari Pelanggan Nasional ini kami ucapkan terima kasih. Kami menghargai investasi waktu, kepercayaan, dan uang Anda. Kami berjanji untuk selalu memberikan layanan terbaik kami.
- Setiap hari, kami berusaha untuk melayani dalam kapasitas terbaik karena Anda. Anda telah menunjukkan diri Anda sebagai orang yang berkelas dengan memilih produk kami. Terima kasih telah mengakui upaya kami. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Bisnis kami dimulai sebagai solusi untuk sebuah masalah. Dalam waktu singkat, kami menjadi lebih bersemangat untuk melayani Anda. Terima kasih telah menjadi pelanggan setia. Kami mencintai Anda dan kami tetap berkomitmen untuk melayani Anda. Selamat di Hari Pelanggan Nasional.
- Pelanggan kami memberi kami kegembiraan. Kami merasa puas karena dapat melayani dalam kapasitas yang Anda inginkan. Terima kasih atas dukungan Anda. Hal ini membuat impian kami tetap hidup dan berkembang. Selamat di Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat di Hari Pelanggan Nasional, kepercayaan Anda kepada kami menginspirasi kami untuk mendorong keunggulan. Terima kasih atas kesempatan ini.
- Kami menghargai umpan balik pelanggan setia kami yang telah membantu kami menciptakan solusi yang lebih berdampak. Kami tidak sabar untuk berbuat lebih banyak lagi di tahun mendatang. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kami melihat Anda. Kami melihat postingan dan repost produk kami. Kami melihat ulasan dan testimoni Anda. Kami melihat wujud nyata cinta Anda terhadap bisnis kami, dan kami mengucapkan terima kasih. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Pelanggan seperti Anda adalah yang membuat bisnis kami ada. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Kami berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik.
- Terima kasih atas kesetiaan Anda selama ini. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Hari ini adalah hari Anda, pelanggan terbaik kami. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kami sangat menghargai Anda sebagai pelanggan. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Terima kasih telah memilih kami.
- Pelanggan seperti Anda adalah sumber inspirasi kami. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Hari ini adalah hari untuk merayakan Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Terima kasih atas dukungan Anda yang tak pernah berhenti. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Kami bangga memiliki pelanggan seperti Anda.
- Kami sangat menghargai Anda sebagai pelanggan setia. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Hari ini adalah hari untuk mengucapkan terima kasih kepada Anda. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Pelanggan seperti Anda adalah yang membuat kami tumbuh. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Selamat Hari Pelanggan Nasional. Kami selalu berusaha untuk memenuhi harapan Anda.
- Terima kasih atas kesetiaan Anda selama ini. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Hari ini adalah hari Anda, pelanggan terbaik kami. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
- Kami sangat menghargai Anda sebagai pelanggan. Selamat Hari Pelanggan Nasional.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari