Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
Real Madrid vs Tottenham Hotspur. REUTERS/Paul Hanna
07 Desember, 2017 dibaca normal 1 menit
Delapan laga terakhir fase grup telah berlangsung pada Kamis (7/12/2017) dini hari.
tirto.id - Turnamen bergengsi Liga Champions Eropa musim ini telah merampungkan seluruh pertandingan fase grup. Dari 32 tim yang berpartisipasi, terpilih 16 tim terbaik untuk tampil pada babak gugur.

16 tim terpilih diambil dari dua tim peringkat teratas dari masing-masing grup. Beberapa tim tangguh tak menemui kesulitan berarti dan tampil sebagai juara grup. 

Manchester United misalnya. Tergabung di Grup A bersama tiga tim yang relatif lebih lemah, Paul Pogba dan kawan-kawan keluar sebagai kampiun grup berkat capaian 15 poin hasil lima kemenangan dan sekali kalah.

Hal serupa terjadi di Grup B dimana dua tim tangguh PSG dan Bayern Munchen tak menemui hambatan berarti untuk lolos. Keduanya sama-sama mengumpulkan 15 poin, namun PSG keluar sebagai juara grup berkat keunggulan selisih gol.

Barcelona, Juventus, Manchester City, dan Liverpool juga tak terbendung. Barcelona, Manchester City, dan Liverpool lolos sebagai pemuncak klasemen. Sedangkan Juve yang berada satu grup dengan Barcelona harus puas menghuni peringkat dua.

Kejutan terjadi di Grup H dimana Tottenham mampu melewati dominasi Real Madrid di level Eropa. The Lilywhites lolos berstatus pimpinan Grup H, unggul tiga poin dari El Real.

Tak cukup sampai di situ, Tottenham juga tercatat sebagai tim dengan capaian poin tertinggi di fase grup musim ini. Harry Kane dan kawan-kawan jadi satu-satunya tim yang mampu mengumpulkan 16 poin musim ini.

Berikut daftar lengkap tim yang lolos 16 besar Liga Champions:

- Manchester United
- FC Basel
- Paris Saint-Germain
- Bayern Munchen
- AS Roma
- Chelsea
- Barcelona
- Juventus
- Liverpool
- Sevilla
- Mancheter City
- Shaktar Donetsk
- Besiktas
- FC Porto
- Tottenham Hotspurs
- Real Madrid

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/zan)

Keyword