Daftar Tim Liga Italia yang Lolos Liga Champion & Eropa 2020-2021

Oleh: Gilang Ramadhan - 2 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini daftar Tim Liga Italia yang berhasil lolos ke Liga Champion dan Eropa musim 2020-2021.
tirto.id - Kompetisi Serie A Liga Italia 2019/2020 telah memasuki pekan terakhir dan hanya menyisakan 5 duel tersisa dari 10 tim yang baru akan bemain pada Minggu (2/8/2020) hingga Senin dini hari.

Tujuh tim sudah dipastikan akan mengikuti kompetisi Liga Champions dan Europa League musim 2020/2021.

Juventus kembali mengukuhkan dominasinya di Serie A dengan menggondol scudetto untuk ke-9 kalinya secara beruntun.

Meski menuai kritikan atas penampilan yang tidak konsisten, pasukan Maurizio Sarri mengungguli 4 poin Inter Milan di klasemen akhir.

Ini merupakan partisipasi ke-21 Juventus di Liga Champions sejak format liga diperkenalkan. Dari 7 final yang dilakoni Nyonya Tua di Liga Champions, mereka selalu kalah. Paling anyar takluk dari Real Madrid pada 2017 silam.

Pada musim ini, Juventus masih berpartisipasi di babak 16 besar Liga Champions. Namun, Bainconeri mesti membalikkan ketertinggal 0-1 di leg pertama kontra Lyon. Keduanya bakal berduel di Allianz pada Sabtu (08/08) nanti.

Sementara itu, Inter Milan yang finish sebagai runner up memastikan diri lolos ke Liga Champions dalam tiga musim beruntun.

Pasukan Antonio Conte tersingkir dari babak grup musim 2019/2020, tetapi masih bertahan di 16 besar Europa League musim ini.

Debutan Liga Champions musim lalu, Atalanta, kembali memastikan diri lolos usai mengakhiri musim di peringkat 3 klasemen.

La Dea arahan Gian Piero Gasperini bahkan berkesempatan lolos ke semifinal musim ini dengan syarat menundukkan kampiun Perancis, PSG pada Kamis (13/8/2020) pekan depan.

"Kami meraih hasil-hasil konsisten dan membuat rekor baru di sejarah klub, jadi sulit mengatakan Atalanta tidak dalam potensi penuhnya. Menyedihkan jika melihat apa yang kami raih tidak disertai para pendukung. Saya berharap para pendukung dapat segera kembali ke stadion," sebut Gasperini dikutip dari Football Italia.

Pencapaian apik lainnya juga ditorehkan peringkat 4 Lazio. Di bawah arahan Simone Inzaghi, Biancoceleste berhasil lolos ke Liga Champions lagi untuk pertama kalinya dalam 13 musim terakhir.

Di sisi lain, AC Milan berhasil kembali lolos ke Europa League dalam dua musim terakhir. Musim lalu mereka finis di peringkat 5, tetapi mendapat sanksi dari UEFA dan tidak dapat berpartisipasi.

AS Roma dan Napoli bakal menemani Rossoneri di kompetisi nomor dua antar klub Eropa tersebut. AS Roma mengakhiri musim di posisi 5, sementara Napoli ke Europa League berkat memenangkan Coppa Italia 2020.

Daftar Tim Serie A di Liga Champions 2020/2021

- Juventus

- Inter Milan

- Atalanta

- Lazio

Daftar Tim Serie A di Europa League 2020/2021

- AS Roma

- AC Milan

- Napoli


Baca juga artikel terkait TIM LIGA ITALIA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPION atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight