Daftar Program Musik K-Pop Populer di Korea Selatan

Oleh: Maria Ulfa - 11 Maret 2019
Dibaca Normal 4 menit
M!Countdown, Music Bank, termasuk Inkigayo, merupakan deretan program musik K-Pop populer di Korea Selatan.
tirto.id - Setiap debut maupun comeback, para K-Pop idol Korea Selatan biasanya tampil di program musik untuk mempromosikan lagu baru mereka.

Para penggemar dapat membantu idolanya agar menang di program itu dengan melakukan voting, streaming video musik idolanya di YouTube, atau membeli album baru mereka.

Namun, setiap program acara musik memiliki perbedaan kriteria penilaian untuk para pemenang pada setiap minggunya.

Berikut ini kriteria rinci mengenai beberapa program musik di Korea Selatan, seperti dilansir dari Soompi, Senin (11/3/2019).

1. The Show (SBS MTV)

Program acara musik yang tayang setiap Selasa di channel SBS MTV ini tentu memiliki cara menilai dan kriteria tersendiri mengenai para pemenang di program acara mereka.

Di antaranya, seperti harus tampil di acara siaran langsung The Show, sehingga, para idol group atau penyanyi yang tidak hadir dan melakukan siaran, tentu tidak bisa menjadi pemenang.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara The Show.

Maksimal, poin untuk para pemenang jika digabungkan adalah 10.000 poin, dan penilaian ini sifatnya relatif, sehingga lagu yang memenuhi syarat dengan skor tertinggi di setiap kategori akan menerima jumlah poin maksimum dalam kategori itu.

  • 40 persen digital (maksimal 4.000 poin)
  • 10 persen penjualan album fisik (maksimal 1.000 poin)
  • 20 persen jumlah penayangan video musik di YouTube (maksimal 2.000 poin)
  • 15 persen penilaian dari para ahli (maksimal 1.500 poin)
  • 5 persen pre-voting penggemar (maksimal 500 poin)
- Voting dilakukan melalui aplikasi Starpass
- Periode voting: Jumat, pukul 20.00 KST, atau 18.00 WIB (4 hari sebelum siaran)-Senin, pukul 14.00 KST, atau pukul 12.00 WIB (1 hari sebelum siaran).
- Tersedia untuk penggemar internasional

  • 10 persen live voting penggemar (maksimal 1.000 poin)
- Voting dilakukan melalui aplikasi Starpass
- Hanya untuk nominasi di urutan pertama
- Tersedia untuk penggemar internasional

2. Show Champion (MBC Music)

Show Champion yang tayang setiap hari Rabu di MBC Music juga memiliki kriteria tertentu untuk memilih pemenangnya.

Beberapa syarat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pemenang di Show Champion adalah lagu untuk original soundtrack (OST) drama tertentu dan lagu yang telah meraih tiga kali kemenangan berturut-turut (Triple Crown) di acara Show Champion pada minggu-minggu sebelumnya.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara Show Champion:

  • 30 persen digital (Melon, Bug, Genie, Soribada)
  • 10 persen penjualan album fisik
  • 40 persen pre-voting penggemar
- Periode voting: setiap Selasa (8 hari sebelum siaran)-Minggu (3 hari sebelum siaran)
- 20 persen menggunakan aplikasi Idol Champ (tersedia untuk penggemar internasional)
- 20 persen melalui website Genie

  • 10 persen penilaian para ahli
  • 10 persen penilaian saat siaran (Berdasarkan seberapa banyak lagu telah diputar di program MBC Music)

3. M!Countdown (Mnet)

M!Countdown yang tayang setiap hari Kamis di Mnet juga memiliki kriteria tertentu untuk memilih para pemenangnya di setiap minggu.

Syarat utamanya adalah artis baru saja memulai promosi di program acara musik untuk lagu tersebut dan artis tidak perlu tampil di acara siaran tertentu.

Beberapa syarat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pemenang di M!Countdown adalah lagu untuk original soundtrack (Ost) drama tertentu dan lagu yang telah meraih tiga kali kemenangan secara berturut-turut (Triple Crown) di acara M!Countdown pada minggu-minggu sebelumnya.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara M!Countdown:

Maksimal, poin untuk para pemenang jika digabungkan adalah 11.000 poin, dan penilaian ini sifatnya relatif, sehingga lagu yang memenuhi syarat dengan skor tertinggi di setiap kategori akan menerima jumlah poin maksimum dalam kategori itu.

  • 45 persen digital: Mnet, Melon, Genie, dan Bugs (maksimal 4.500 poin)
  • 15 persen penjualan album fisik: Grafik album Hanteo (maksimal 1.500 poin)
  • 20 persen media sosial: MV YouTube, dan tayangan live klip video di M!Countdown (maksimal 2.000 poin)
  • 10 persen pre-voting (maksimal 1.000 poin)
- Log in di situs web M!Countdown dan situs Mnet Jepang https://www.mwave.me/en/mcountdown
- Periode pemungutan suara: Jumat, pukul 02:00 KST, atau pukul 24.00 WIB (6 hari sebelum siaran)-Senin, pukul 09.00 KST, atau pukul 07.00 WIB (3 hari sebelum siaran)
- Tersedia untuk penggemar internasional

  • 10 persen skor siaran (maksimal 1.000 poin)
  • Plus 10 persen live voting (maksimal 1.000 poin)
- Voting di situs web "M! Countdown"
- Voting hanya untuk nominee di posisi pertama
- Dikonversi dari skala 110 persen menjadi skala 100 persen.

4. Music Bank (KBS)

Music Bank yang tayang setiap hari Jumat di KBS juga memiliki kriteria tertentu untuk memilih para pemenangnya di setiap minggu.

Beberapa syarat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pemenang di Music Bank adalah lagu untuk original soundtrack (Ost) drama tertentu dan lagu yang telah meraih tiga kali kemenangan secara berturut-turut (Triple Crown) di acara Music Bank pada minggu-minggu sebelumnya.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara Music Bank adalah sebagai berikut:

Maksimal, poin untuk para pemenang jika digabungkan adalah 200.000 poin.

  • 65 persen digital (maksimal 130.000 poin)
- 58,5 persen online (maksimal 117.000 poin)
- Melon, Bugs, Genie, Naver Music, Soribada
- 6,5 persen mobile (maksimal 13.000 poin)
- Unduhan nada dering

  • 5 persen penjualan album fisik: Grafik album Hanteo (maksimal 10.000 poin)
  • 20 persen poin siaran (maksimal 40.000 poin)
- Berdasarkan seberapa banyak lagu telah diputar di program KBS
- 17 persen di program televisi
- 3 persen di program radio

  • 10 persen survei panel penampil (maksimal 20.000 poin)
- Dikirim secara acak setiap minggu kepada pemirsa yang terdaftar untuk panel survei KBS


5. Music Core (MBC)

Sama seperti program acara musik lainnya, Music Core yang tayang setiap hari Sabtu di MBC ini juga memiliki kriteria tertentu untuk memilih para pemenangnya di setiap minggu.

Syarat utamanya adalah hanya satu lagu per artis tertentu yang masuk di dalam chart.

Beberapa syarat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pemenang di Music Core adalah Lagu-lagu tersebut dirilis lebih dari tiga bulan sebelum tanggal siaran, merupakan lagu pra-debut, kemudian lagu tersebut adalah Ost, lagu dirilis melalui program audisi dan variety show tertentu, lagu yang dianggap tidak layak untuk disiarkan oleh MBC, dan lagu dengan rating 15 tahun ke atas.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara Music Core adalah sebagai berikut:

Maksimal, poin untuk para pemenang jika digabungkan adalah 10.000 poin, dan penilaian ini sifatnya relatif, sehingga lagu yang memenuhi syarat dengan skor tertinggi di setiap kategori akan menerima jumlah poin maksimum dalam kategori itu.

  • 50 persen digital (maksimal 5.000 poin)
- Data dikumpulkan dari Senin, pukul 12.00 KST, atau pukul 10.00 WIB (13 hari sebelum siaran)-Senin, pukul 23:59 KST, atau pukul 21.59 WIB (6 hari sebelum siaran)

  • 10 persen penjualan album fisik (maksimal 1.000 poin)
- Data dikumpulkan dari Senin, pukul 12.00 KST, atau pukul 10.00 WIB (13 hari sebelum siaran)-Senin, pukul 23:59 KST, atau pukul 21.59 WIB (6 hari sebelum siaran)

  • 10 persen MV (maksimal 1.000 poin)
- Tayangan MV di YouTube
- Data dikumpulkan dari Senin, pukul 12.00 KST, atau pukul 10.00 WIB (13 hari sebelum siaran)-Senin, pukul 23:59 KST, atau pukul 21.59 WIB (6 hari sebelum siaran)

  • 5 persen radio (maksimal 500 poin)
- Berdasarkan seberapa banyak lagu telah diputar di program radio MBC

  • 10 persen survei panel penampil (maksimal 1.000 poin)
- 2.000 orang dipilih secara acak setiap bulan dari orang yang mendaftar untuk menjadi bagian dari panel.
- Anggota panel memberikan suara mulai Rabu, pukul 09.00 KST (3 hari sebelum siaran)-Kamis, pukul 11.00 KST (2 hari sebelum siaran)

  • 15 persen voting lewat SMS langsung: hanya untuk nominee posisi pertama (maksimal 1.500 poin)

6. Inkigayo (SBS)

Sama seperti program acara musik lainnya, Inkigayo yang tayang setiap hari Minggu di SBS ini juga memiliki kriteria tertentu untuk memilih para pemenangnya di setiap minggu.

Syarat utamanya adalah bisa hingga dua lagu per album yang termasuk di dalam chart dan lagu tersebut harus berada di 150 teratas tangga lagu mingguan Gaon.

Beberapa syarat tertentu yang tidak diperbolehkan untuk menjadi pemenang di Inkigayo ialah lagu tersebut adalah Ost, lagu dirilis melalui program audisi dan variety show tertentu, lagu yang dianggap tidak layak untuk disiarkan oleh SBS, dan lagu yang telah meraih tiga kali kemenangan secara berturut-turut (Triple Crown) di acara Inkigayo pada minggu-minggu sebelumnya.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk menjadi pemenang di program acara Inkigayo adalah sebagai berikut:

Maksimal, poin untuk para pemenang jika digabungkan adalah 11.000 poin, dan penilaian ini sifatnya relatif, sehingga lagu yang memenuhi syarat dengan skor tertinggi di setiap kategori akan menerima jumlah poin maksimum dalam kategori itu.

  • 50 persen digital (maksimal 5.500 poin)
- Melon, Genie, Bugs.
- Data dikumpulkan dari Senin (13 hari sebelum siaran)-Senin (6 hari sebelum siaran)

  • 4,5 persen penjualan album fisik (maksimal 500 poin)
- Grafik tangga album Gaon.
- Data dikumpulkan dari Senin (13 hari sebelum siaran)-Senin (6 hari sebelum siaran)

  • 31,8 persen sosial media (maksimal 3.500 poin)
- Data dari YouTube, Twitter, Weibo, YinYueTai.
- Data dikumpulkan dari Senin (13 hari sebelum siaran)-Senin (6 hari sebelum siaran)

  • 4,5 persen pre-voting (maksimal 500 poin)
- Pilih aplikasi Melon AZTalk.
- Periode Voting: Senin (13 hari sebelum siaran)-Sabtu (8 hari sebelum siaran)

  • 9 persen siaran On-Air (maksimal 1.000 poin)
- Berdasarkan seberapa banyak lagu telah diputar di program televisi dan radio SBS.
- Data dikumpulkan dari Senin (13 hari sebelum siaran)-Senin (6 hari sebelum siaran)
- Dikonversi dari skala 110 persen menjadi skala 100 persen


Beberapa agensi hanya melakukan promosi di beberapa program acara musik saja, seperti YG Entertainment di Music Core (MBC) dan Inkigayo (SBS) setiap minggunya.

Artis dari YG Entertainment juga telah lama menghentikan promosi mereka di M!Countdown (Mnet) sejak akhir 2016 lalu dan juga di Music Bank (KBS) sejak 2015 lalu.

SM Entertainment belum lama ini memutuskan untuk tidak melakukan promosi di M!Countdown (Mnet), jika dilihat dari promosi NCT Dream, Red Velvet, dan Super Junior D&E yang tidak lagi dilakukan di program musik ini sejak Agustus 2018.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight