MotoGP 2021

Daftar Pembalap & Tim Peserta MotoGP 2021: Rossi Tim Satelit Yamaha

Oleh: Permadi Suntama - 24 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Daftar tim & pembalap MotoGP 2021 diwarnai dengan pindahnya Valentino Rossi ke Petronas Yamaha SRT, sedangkan juara dunia Joan Mir tetap di Suzuki.
tirto.id - Daftar pembalap MotoGP 2021 telah dirilis pada Senin (23/11/2020). Sejumlah tim melakukan perubahan line up rider mereka, terapi ada pula yang mempertahankan komposisi pembalap seperti di MotoGP 2020. Yang paling mencolok adalah pertukaran Fabio Quartararo dan Valentino Rossi di Yamaha.

Salah satu tim yang tidak mengubah komposisi pembalapnya di paddock MotoGP 2021 adalah Suzuki ECSTAR. Juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir akan tetap memperkuat pabrikan asal Jepang, ditemani rekannya dalam 2 musim terakhir Alex Rins.

Duet Joan Mir dengan Alex Rins di Suzuki ECSTAR di MotoGP 2020 telah menghasilkan banyak podium, meski masing-masing baru memenangi 1 Grand Prix. Keduanya berhasil mengantar Suzuki menjadi juara kategori tim (310 angka) unggul dari Petronas Yamaha SRT.

Sementara itu, Yamaha tetap mempertahankan 4 pembalap mereka, yakni Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli. Akan tetapi, posisi Rossi di tim utama digantikan Quartararo, yang hingga musim ini memperkuat tim satelit.

Valentino Rossi akan pindah ke tim satelit Petronas Yamaha SRT dan berkombinasi dengan sang "murid", Morbidelli. MotoGP 2021 bisa jadi musim terakhir bagi The Doctor. VR46 mengisyaratkan untuk pensiun, meski tidak menutup kemungkinan tetap balapan di MotoGP 2022 jika kondisinya memungkinkan.

Sementara itu, Repsol Honda diprediksi bakal berjaya musim depan setelah Marc Marquez dipastikan tampil kembali. MM93 bakal ditemani Pol Espargaro, yang jadi rivalnya saat masih balapan di kelas Moto2.

Sementara itu, KTM yang ditinggalkan Pol Espargaro, akan mengandalkan pembalap-pembalap muda, ditemani Danilo Petrucci sebagai pembalap paling senior. Kendati begitu, mereka tetap memiliki potensi untuk bersaing.

Selain Iker Lecuona, pembalap-pembalap KTM di MotoGP 2021 pernah memenangi Grand Prix di kelas utama. Hal itu pun jadi nilai lebih untuk pabrikan Austria.

Di sisi lain, kiprah Ducati patut ditunggu. Setelah negosiasi kontrak Andrea Dovizioso gagal, secara mengejutkan mereka mempromosikan 2 pembalap tim satelit untuk jadi pembalap tim utama.

Selain itu, Ducati jadi tim paling banyak mengambil pembalap Moto2, yakni 3 pembalap termasuk juara dunia Moto2 2020, Enea Bastianini. Selain Bastianini, ada pula Jorge Martin dan Luca Marini di tim Ducati.




Daftar Tim dan Pembalap MotoGP 2021


Suzuki ECSTAR: Joan Mir dan Alex Rins

Monster Energy Yamaha: Maverick Vinales dan Fabio Quartararo

Petronas Yamaha SRT: Franco Morbidelli dan Valentino Rossi

Repsol Honda Team: Marc Marquez dan Pol Espargaro

LCR Honda Team: Alex Marquez dan Takaaki Nakagami

Ducati Team: Jack Miller dan Francesco Bagnaia

Pramac Racing: Johann Zarco dan Jorge Martin

Esponsorama Racing: Enea Bastianini dan Luca Marini

Red Bull KTM Factory: Brad Binder dan Miguel Oliveira

KTM Tech3: Iker Lecuona dan Danilo Petrucci

Aprilia Racing Team Gresini: Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori.

Baca juga artikel terkait DAFTAR PEMBALAP MOTOGP 2021 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight