Piala Afrika 2021

Daftar Pemain Timnas Senegal, Skuad, & Jadwal di Piala Afrika 2021

Kontributor: Rofi Ali Majid, tirto.id - 4 Jan 2022 13:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Daftar pemain Timnas Senegal di Piala Afrika 2021 (AFCON 2021), misal Edouard Mendy (Chelsea) & Sadio Mane (Liverpool). Cek jadwal lengkap & daftar pemain
tirto.id - Daftar pemain Timnas Senegal untuk Piala Afrika 2021 (AFCON 2021) diisi oleh 27 pemain. Menariknya, deretan pemain timnas berjuluk Lions of Teranga ini tak ada satupun yang berkompetisi di liga domestik. Penggawa Senegal diisi para pemain yang berkompetisi di Eropa. Lalu bagaimana peluang Senegal, sanggupkah mereka menjuarai AFCON untuk pertama kalinya?

Skuad asuhan Aliou Cisse menyudahi gelaran Piala Afrika edisi sebelumnya atau 2019 lalu sebagai finalis. Ketika itu di laga puncak Sadio Mane dan kawan-kawan kalah 0-1 dari Timnas Aljazair. Jauh sebelum itu saat Piala Afrika 2002 Senegal juga sempat menjejak ke final, namun mereka menyerah adu penalti 2-3 dari Kamerun.

Kini The Lions of Teranga akan kembali berjuang untuk merengkuh trofi Piala Afrika perdana, yang nyaris mereka rengkuh 3 tahun lalu.


Daftar Pemain Senegal Di Piala Afrika 2021


Timnas Senegal akan memulai perjuangan dari babak penyisihan Grup B, bersama Guinea, Malawi, dan Zimbabwe. Dalam grup ini tim asuhan Aliou Cisse jelas menjadi tim unggulan. Peraih runner up edisi 2019 itu diprediksi bisa lolos ke babak knockout sebagai juara grup.

Laga perdana Senegal dijadwalkan pada Senin 10 Januari 2022 pukul 20.00 WIB, dengan menghadapi Zimbabwe. Demi mendapat hasil maksimal dalam laga pembuka, Senegal diprediksi bakal langsung menurunkan komposisi pemain terbaik mereka.

Di bawah mistar, kiper Edouard Mendy (Chelsea) kemungkinan besar menjadi pilihan utama, ketimbang 2 penjaga gawang lain: Alfred Gomis (Rennes, Perancis) atau Seny Dieng (Queens Park Rangers, Inggris).

Mendy kerap mengisi posisi reguler di Chelsea. Musim ini ia sudah 20 kali menjadi starter, dalam 21 laga The Blues di Liga Inggris. Hingga saat ini Chelsea baru kebobolan 16 kali di liga domestik. Mendy juga membawa klubnya itu sebagai tim dengan pertahanan terbaik kedua di Premier League.

Di posisi pertahanan, Timnas Senegal punya sederet penggawa andalan, seperti: Kalidou Koulibaly (Napoli), Bouna Sarr (Bayern Munchen), Abdou Diallo (Paris Saint-Germain), Fode Ballo-Toure (AC Milan), serta Cheikhou Kouyate (Crystal Palace).

Adapun untuk sisi lapangan tengah The Lions of Teranga bisa mengandalkan Pape Gueye (Marseille), Nampalys Mendy (Leicester City) atau Idrissa Gana Gueye (PSG). Untuk lini depan, pelatih Aliou Cisse bisa mengandalkan Sadio Mane. Penyerang yang bermain di Liverpool itu sudah menyumbang total 8 gol di Liga Inggris.

Tapi sayang, Senegal tak bisa menggunakan jasa salah satu pemain kunci Ismaila Sarr, yang kini membela Watford di Liga Inggris. Berdasar rilis laman resmi Watford, pihak klub tidak melepas Sarr karena pemain tersebut masih menjalani pemulihan cedera ligamen lutut.



Daftar Skuad Senegal Untuk Piala Afrika 2021

Berikut ini daftar lengkap para pemain Timnas Senegal untuk kejuaraan Piala Afrika 2021 (AFCON 2021).

Kiper:
Edouard Mendy (Chelsea, Inggris), Alfred Gomis (Rennes, Perancis), Seny Dieng (Queens Park Rangers, Inggris).

Bek: Bouna Sarr (Bayern Munchen, Jerman), Saliou Ciss (Nancy, Perancis), Kalidou Koulibaly (Napoli, Italia), Pape Abou Cisse (Olympiakos, Yunani), Abdoulaye Seck (Royal Antwerp, Belgia), Abdou Diallo (Paris Saint-Germain, Perancis), Ibrahima Mbaye (Bologna, Italia), Fode Ballo-Toure (AC Milan, Italia), Cheikhou Kouyate (Crystal Palace, Inggris).

Gelandang: Pape Matar Sarr (Metz, Perancis), Pape Gueye (Marseille, Perancis), Nampalys Mendy (Leicester City, Inggris), Idrissa Gana Gueye (Paris Saint-Germain, Perancis), Moustapha Name (Paris FC, Perancis), Mamadou Loum (Alaves, Spanyol), Joseph Lopy (Sochaux, Perancis).

Penyerang: Boulaye Dia (Villarreal, Spanyol), Sadio Mane (Liverpool, Inggris), Habib Diallo (Strasbourg, Perancis), Bamba Dieng (Marseille, Perancis), Ismaila Sarr (Watford, Inggris), Famara Diedhiou (Alanyaspor, Turki), Mame Baba Thiam (Kayserispor,Turki), Keita Balde (Cagliari, Itala).

Pelatih: Aliou Cisse



Jadwal Senegal di Piala Afrika 2021

Jadwal lengkap Timnas Senegal dalam babak penyisihan Grup B Piala Afrika 2021.

Minggu, 10 Januari 2022
20.00 WIB: Senegal vs Zimbabwe

Jumat, 14 Januari 2022
20.00 WIB: Senegal vs Guinea

Kamis, 18 Januari 2022
20.00 WIB: Senegal vs Malawi

Baca juga artikel terkait PIALA AFRIKA 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight