Liga Indonesia

Daftar Pemain Persija yang Dilepas & Dipertahankan di Liga 1 2020

Oleh: Iswara N Raditya - 30 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Usai Liga 1 2019, Persija telah melepas beberapa pemain sekaligus memperpanjang kontrak sejumlah pilarnya untuk Liga 1 2020 musim depan.
tirto.id - Persija Jakarta telah melepas beberapa pemain usai menjalani musim yang sulit di Liga 1 2019 lalu. Selain itu, tim Macan Kemayoran juga sudah memastikan nama-nama yang dipertahankan untuk mengarungi Liga 1 2020 musim depan.

Ikon Persija, Bambang Pamungkas alias Bepe, telah menyatakan gantung sepatu jelang akhir musim Liga 1 2019 kemarin. Selain Bepe yang memutuskan pensiun sebagai pesepakbola, ada sejumlah pemain yang dipastikan tidak akan memperkuat tim ibu kota musim depan lantaran dilepas.

Dari sektor pemain lokal, sejauh ini sudah ada empat nama yang tidak diperpanjang kontraknya oleh manajemen Persija, yaitu Rahmad Hidayat (gelandang), Fitra Ridwan (gelandang), Dany Saputra (bek), dan pemain gaek Maman Abdurrahman (bek).

Menyusul empat pemain dalam negeri ini, manajemen tim Macan Kemayoran juga melepas dua pemain asingnya di Liga 1 2019 lalu, yakni Alexandre Reame Xandao (bek) asal Brasil dan Joan Tomas Compasol (gelandang) asal Spanyol.

"Terima kasih Persija dan Jakmania. Pengalaman pertama bermain di Asia yang mengesankan. Saya beruntung bisa bermain untuk salah satu klub terbesar di Indonesia yang juga memiliki suporter paling bersemangat di dunia," tulis Xandao dalam salam perpisahannya via Instagram, Minggu (29/12/2019).

Berbeda dengan dua pemain asing tersebut, Marko Simic tetap bertahan di Persija. Bahkan, manajemen tim Macan Kemayoran memperpanjang kontrak striker asal Kroasia yang menjadi top skor Liga 1 2019 ini selama tiga tahun ke depan.


Sedangkan pemain lokal Persija yang dipertahankan antara lain: Andritany Ardhiyasa, Shahar Ginanjar, Adixi Lenzivio, Ryuji Utomo, Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanussa, Sandi Darman Sute, Ramdani Lestaluhu, Tony Sucipto, Riko Simanjuntak, Feby Eka Putra, Novri Setiawan, dan Heri Susanto.

"Pastinya saya sangat senang dan bangga setelah resmi memperpanjang kontrak dengan Persija. Saya senang manajemen dan tim pelatih masih percaya dengan saya untuk masih bisa membela Persija,” ujar Heru Susanto, dikutip dari laman Persija.

Persija sempat terseok-seok menjalani musim Liga 1 2019 kendati berstatus sebagai juara bertahan. Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan akhirnya menempati posisi 10 di klasemen akhir Liga 1 2019.

Pemain yang Dilepas:
Dany Saputra (bek), Maman Abdurrahman (bek), Alexandre Reame Xandao (bek), Rahmad Hidayat (gelandang), Fitra Ridwan (gelandang), Joan Tomas Compasol (gelandang), Bambang Pamungkas (penyerang/pensiun).

Pemain yang Dipertahankan:
Andritany Ardhiyasa (kiper), Shahar Ginanjar (kiper), Adixi Lenzivio (kiper), Tony Sucipto (bek), Ryuji Utomo (bek), Ismed Sofyan (bek), Rezaldi Hehanussa (bek), Sandi Sute (gelandang), Ramdani Lestaluhu (gelandang), Feby Eka Putra (gelandang), Novri Setiawan (winger), Riko Simanjuntak (winger), Heri Susanto (winger).

Baca juga artikel terkait PERSIJA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight