tirto.id - Telepon genggam atau handphone menjadi barang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, untuk berbagai keperluan dan sebagai alat komunikasi.
Perkembangan internet yang pesat membuat perusahaan provider tidak hanya menyediakan layanan telepon dan sms seperti beberapa dekade yang lalu. Berbagai produk paket internet cepat dan murah juga ditawarkan untuk menarik pelanggan.
Banyaknya perusahaan provider membuat persaingan di dunia jasa telekomunikasi semakin meningkat. Sehingga, berbagai macam usaha dan inovasi dibuat oleh perusahaan provider untuk menarik pelanggan.
Salah satu aspek yang menjadi penarik minat konsumen adalah layanan konsumen, untuk menanyakan info dan keluhan terkait penggunaan provider tersebut.
Berikut adalah beberapa call center layanan konsumen provider di Indonesia berdasarkan data yang dihimpun oleh Tirto.
Telkomsel
Facebook: @telkomsel
Twitter: @Telkomsel
Customer service: 188
Informasi umum (untuk konsumen dalam negeri): 0807 1811 811
Informasi umum (untuk konsumen luar negeri): +628110 000 333
Indosat
Facebook: @IM3Ooredoo
Twitter: @IndosatCare
Instagram: @im3ooredoo
Customer service: 185
XL Axiata
Facebook: @xlaxiatatbk.id
Twitter: @XLAxiata_Tbk
Instagram: @xlaxiata_tbk
Email: customerservice@xl.co.id
Customer service: 817
Smartfren
Facebook: @smartfren
Twitter: @smartfrencare
Customer service: 888
Editor: Agung DH