Daftar Negara Asia di Piala Dunia 2022, Peluang, dan Tim Tersukses

Kontributor: Beni Jo, tirto.id - 31 Agu 2022 10:01 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Korea Selatan menyandang tim tersukses di Piala Dunia. Daftar negara Asia di pesta bola edisi 2022 diisi 6 tim terbaik. Lantas, bagaimana peluang mereka?
tirto.id - Daftar negara Asia di Piala Dunia 2022 diisi oleh Australia, Iran, dan Jepang. Kemudian ada Qatar yang berstatus tuan rumah ditambah Arab Saudi serta Korea Selatan. Korsel menjadi tim tersukses setelah meraih peringkat 4 pada edisi 2002. Lantas, bagaimana peluang tim-tim dari Asia di Piala Dunia 2022?

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asia akan diwakili jumlah peserta terbanyak di Piala Dunia 2022 dibandingkan edisi-edisi sebelumnya. Untuk edisi 2022 mendatang, benua Asia mengirim total 6 wakil.

Qatar yang ditunjuk sebagai tuan rumah event 4 tahunan itu secara otomatis sudah lolos sejak awal. Langkah tim Timur Tengah ini kemudian diikuti Iran, Jepang, Arab Saudi, dan Korea Selatan. Mereka mengamankan tiket melalui babak kualifikasi ketiga zona Asia.


Australia menjadi peserta terakhir setelah menyingkirkan Peru dalam laga play-off intercontinental sekaligus menggenapi jatah Asia menjadi 6 tim di Piala Dunia 2022.

Pada edisi tahun 1998 hingga 2014, Asia masih konsisten dengan 4 wakil. Sedangkan pada edisi 2018 di Rusia, terdapat 5 tim yang turut ambil bagian. Korsel menjadi tim yang paling rutin dengan selalu lolos dalam 10 edisi terakhir. Sedangkan Jepang tidak pernah absen dalam 7 edisi teraktual.


Peluang Negara-negara Asia di Piala Dunia 2022


Seturut hasil drawing pembagian grup Piala Dunia 2022, Qatar akan berada di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda. The Maroon yang tampil pertama kali pun bakal menghadapi sederet lawan yang cukup sulit dalam edisi debutnya ini.

Tak kalah berat, Iran juga mendapatkan lawan yang mumpuni di Grup B. Team Melli akan bertemu juara Piala Dunia 1966, Timnas Inggris. Selain itu, armada yang ditukangi Dragan Skočić itu juga menghadapi Amerika Serikat serta negara Eropa lainnya, Wales.

Sementara Arab Saudi menghuni Grup C. The Green Falcons diagendakan bersua Argentina dalam matchday pembuka. Selanjutnya, tim polesan Hervé Renard itu diadu dengan Polandia dan Meksiko secara beruntun.

Adapun Australia akan ditantang Les Bleus alias Perancis di Grup D. Selain itu, Socceroos juga sudah ditunggu Tim Dinamit Denmark dan wakil Afrika, Tunisia.


Sedangkan Timnas Jepang berada di dalam kepungan Spanyol dan Jerman di Grup E. Artinya, Samurai Blue bakal meladeni dua kekuatan jawara Piala Dunia dalam pentas mendatang.

Spanyol pernah menyabet gelar pada tahun 2010 dan Jerman sudah 4 kali mengangkat piala (1954, 1974, 1990, 2014). Tim lain yang menghuni Grup E ialah Kosta Rika.

Tugas berat juga diusung Korsel dalam perjuangan di Piala Dunia 2022. Taegeuk Warriors mengisi Grup H dan bertemu tim kuat asal Eropa, Portugal, serta Uruguay yang pernah menyandang 2 titel juara. Kualitas yang dimiliki Ghana juga pantang untuk diremehkan.

Selama ini, negara-negara Asia yang tampil di Piala Dunia masih mengalami kesulitan untuk bisa sekadar lolos dari fase grup. Melihat hasil undian Piala Dunia 2022, mereka pun bertemu dengan sejumlah kekuatan sepak bola dunia. Bukan tidak mungkin, 6 negara yang lolos tersebut juga akan mengalami nasib yang serupa.


Tim Asia Tersukses di Piala Dunia Sepanjang Sejarah


Kendati demikian, tim Asia juga pernah tampil mengejutkan di Piala Dunia 2002 yang dilaksanakan di Korea Selatan dan Jepang. Kala itu, Korsel yang sukses menggelar ‘pesta bola’ di negara sendiri berbanding lurus dengan prestasinya: lolos hingga babak semifinal sekaligus menjadi pencapaian terbaik di antara wakil Asia selama ini.

Tentunya, Australia, Iran, Jepang, Qatar, Saudi Arabia, hingga Korea Selatan juga berpotensi kembali membuat kejutan lagi saat ajang tersebut balik ke benua Asia dengan selang 20 tahun kemudian.

Qatar dapat memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah, minimal dengan lolos fase grup andai bisa melewati hadangan Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Mengutip laman resmi FIFA, Qatar mempunyai 5 pemain kunci yang diprediksi dapat mewujudkan harapan untuk lolos dari fase grup. Mereka ialah Saad Al Sheeb (kiper), Abdelkarim Hassan (bek kiri), Hassan Al-Haydos (penyerang), Akram Afif (penyerang), dan bintang yang merumput bersama Al-Duhail, Almoez Ali.

Sementara Korsel juga mempunyai kans untuk mengulangi catatan impresif pada 2002 lalu. Meskipun Taeguk Warriors berada satu grup dengan Portugal hingga Uruguay, Son Heung-min dan kawan-kawan memiliki memori indah ketika Piala Dunia diselenggarakan di Asia.

Daftar Negara Asia di Piala Dunia 2022


Berikut adalah daftar tim Asia yang lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar:

  • Australia
  • Iran
  • Jepang
  • Qatar (tuan rumah)
  • Saudi Arabia
  • Korea Selatan


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis

DarkLight