Daftar Motor Honda Harga di Bawah Rp20 Juta, dari BeaT hingga Vario

Oleh: Wisnu Amri Hidayat - 10 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Daftar motor matik Honda dengan harga mulai dari Honda BeaT dan Honda Vario September 2019.
tirto.id - Motor matik kini tak lagi jadi pilihan kedua bagi peminat motor di pasar Indonesia. Salah satu pabrikan yang serius menggarap pasar motor kecil ini ialah Honda dengan merilis beberapa varian mulai dari mesin berkapasitas 110 cc hingga 150 cc.

Harga yang diterapkan oleh brand Jepang tersebut juga cukup beragam, dari kisaran Rp15 juta ke atas hingga skuter mahal yang dipasarkan ke kelas premium di harga kisaran antara Rp20 juta hingga Rp30 juta ke atas.

Berikut adalah harga dari motor skutik Honda yang dibanderol di bawah angka Rp20 juta sesuai dengan situs resmi Honda Astra:

Honda BeAT

Honda BeAT adalah motor berkapasitas 108,2 cc dengan konfigurasi mesin 4 tak dengan mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power), teknologi khusus ciptaan Honda yang dapat mereduksi konsumsi bahan bakar dan menghemat pengeluaran energi, serta menambah efisiensi pembakaran.

Honda BeAT juga dibekali dengan sistem bahan bakar PGM-FI (Progammed Fuel Injection) yang dapat mengontrol pemberian bahan bakar dalam mesin secara lebih efisien dan irit. Mesin pada Honda BeAT mampu memuntahkan daya maksimum hingga 6,3 Kw/7.500 rpm dan torsi maksimum di angka 9,01 Nm/6.500 rpm.

Pada sisi desain, desain berbeda hanya nampak pada varian Street yang dirilis dengan gaya lebih maskulin dengan beberapa aksen tambahan seperti pelindung tangan (hand guard), digital panel meter, dan juga mengusung handling bar yang naked yang kerap ditemui dalam desain-desain motor jalanan.


Berikut adalah harga yang dibanderol oleh Honda seperti tertera dalam situs resmi Honda Astra:

    • Honda BeAT Sporty CW dibanderol dengan harga Rp16,1 juta
    • Honda BeAT Sporty CBS dibanderol dengan harga Rp16,3 juta
    • Honda BeAT CBS ISS dibanderol dengan harga Rp16,8 juta
    • Honda BeAT Street dibanderol dengan harga Rp16,8 juta

Honda Vario

Sama seperti Honda BeAT, Honda Vario adalah motor berkapasitas 108,2 cc dengan konfigurasi mesin 4 tak dengan mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power), teknologi khusus ciptaan Honda yang dapat mereduksi konsumsi bahan bakar dan menghemat pengeluaran energi, serta menambah efisiensi pembakaran.

Pada varian Vario ini, Honda memberikan sistem ISS (Idling Stop System) sistem yang akan mematikan mesin secara otomatis setelah 3 detik dalam kondisi berhenti. Selain itu terdapat CBS (Combi Brake System) yang berfungsi mengkonfigurasikan rem depan dan belakang sehingga pengereman berjalan lebih stabil.

Ada juga fitur ABS (Answer Back System), berupa kunci seperti alarm yang jika ditekan pada jarak 40 m akan berbunyi, sehingga mempermudah pengemudi ketika memarkir kendarannya di tempat yang ramai.

Berikut adalah harga yang dibanderol oleh Honda seperti tertera dalam situs resmi Honda Astra:

    • Honda Vario 110 cc CBS dibanderol dengan harga Rp17,3 juta
    • Honda Vario 110 cc CBS Advanced dibanderol dengan harga Rp17,4 juta
    • Honda Vario 110 cc CBS-ISS dibanderol dengan harga Rp18,1 juta
    • Honda Vario 110 cc CBS-ISS Advanced dibanderol dengan harga Rp18,2 juta

Honda Scoopy

Skuter matik bergaya retro ini meluncur pertama kali pada tahun 2010 di Indonesia. Pada 2018, Honda meluncurkan All-New Scoopy yang menanamkan fitur yang ada pada varian Honda lain seperti CBS, ABS, dan juga fitur ISS.

Perbedaan secara desain dengan edisi pendahulunya hampir tidak ada, kecuali pengubahan veleg menjadi berukuran 12 inci yang serupa dengan Scoopy keluaran Thailand, dan juga panel display yang kini sudah sepenuhnya mengusung teknologi digital.

Berikut adalah harga yang dibanderol oleh Honda seperti tertera dalam situs resmi Honda Astra:

    • Honda Scoopy Stylish dibanderol dengan harga Rp19,1 juta.
    • Honda Scoopy Sporty dibanderol dengan harga Rp19,1 juta.

Honda Genio

Genio bisa dibilang adalah spin-off dari desain oval yang ada pada desain Honda Scoopy. Namun, jika melihat lebih dalam pada bagian rangka, terdapat perubahan signifikan pada implementasi rangka eSAF (Enhanced Smart Architectured Frame) yang membuat bobot rangka Genio lebih ringan sebesar delapan persen daripada rangka Scoopy.

Berbeda dengan All-New Scoopy yang sudah menggunakan ban berukuran 12 inci, Genio masih setia dengan ban donat berukuran 14 inci 80/90 di depan dan 90/90 di belakang.

Berikut adalah harga yang dibanderol oleh Honda seperti tertera dalam situs resmi Honda Astra:

    • Honda Genio CBS dibanderol dengan harga Rp17,2 juta.
    • Honda Genio CBS-ISS dibanderol dengan harga Rp17,7 juta.

Baca juga artikel terkait HONDA atau tulisan menarik lainnya Wisnu Amri Hidayat
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Wisnu Amri Hidayat
Penulis: Wisnu Amri Hidayat
Editor: Yantina Debora
DarkLight