Daftar Lokasi Vaksin 18 Tahun+ Jakarta dan Cara Cek di Google Maps

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara cek lokasi vaksin COVID-19 18 tahun ke atas di Jakarta dengan Google Maps.
tirto.id - Pemerintah DKI Jakarta mulai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk usia 18 tahun ke atas. Menurut akun @DKIJakarta, vaksinasi bisa dilakukan hanya dengan membawa KTP dan mendatangi lokasi vaksin terdekat dengan warga.

"Saat ini bisa datang ke lokasi vaksinasi terdekat dengan membawa KTP," twit akun @DKIJakarta pada Kamis (10/6/2021).

Dalam waktu dekat, warga usia 18 tahun ke atas dapat mendaftar vaksinasi melalui Aplikasi JAKI atau website http://corona.jakarta.go.id.

Beberapa lokasi vaksinasi COVID-19 yang dibuka untuk usia 18 tahun ke atas ada di Kecamatan Tebet dan Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Kecamatan Tebet di Jakarta Selatan menyiapkan enam lokasi sebagai sentra vaksinasi bagi warga berusia di atas 18 tahun ke atas untuk mempercepat upaya mengendalikan penularan COVID-19.

Enam lokasi sentra vaksinasi itu yakni di:
  • SMPN 73 Tebet Timur
  • SMPN 15 Menteng Dalam
  • SD 3 Manggarai Selatan
  • SD 5 Manggarai
  • SD 7 Kebon Baru
  • Kelurahan Bukit Duri Mobile per RW
Berdasarkan informasi Puskesmas Kecamatan Tebet melalui akun resmi Instagram @pkctebet.official, layanan vaksinasi itu dibuka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-12.00 WIB.

Persyaratannya adalah warga berusia di atas 18 tahun, membawa KTP DKI Jakarta wilayah Tebet atau surat domisili wilayah Tebet bagi warga non KTP Jakarta.

Apabila warga tersebut bukan KTP Jakarta juga bisa mengikuti vaksinasi dengan menyertakan surat keterangan kerja dari perusahaan yang beroperasi di wilayahnya.

Vaksin yang diberikan dalam dosis pertama ini adalah AstraZeneca. Kuota per hari yang disiapkan adalah sebanyak 200 orang terdiri atas kuota terjadwal sebanyak 150 orang dan datang langsung sebanyak 50 orang. Apabila banyak warga yang hendak vaksinasi, Tebet akan menambah kuota menjadi maksimal 300 orang.

Sementara itu, di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, disediakan di dua lokasi, yakni di SMA Percik dan GOR Pengadegan yang dibuka setiap Senin-Jumat hingga 25 Juni 2021 untuk tahap pertama.

"Kami siapkan kuota 200 orang per kelurahan per hari agar lebih teratur," kata Camat Pancoran Rizki Adhari Jusal di Jakarta, Jumat (11/6/2021), seperti dikutip Antara News.

Pihaknya membagi enam kelurahan itu ke dua lokasi tersebut dengan jadwal yang sudah disiapkan per kelurahan.

1. SMA Percik

Warga Kelurahan Pancoran, 08.00-09.00 WIB
Warga Kel Duren Tiga, 09.30-10.30 WIB
Warga Kelurahan Kalibata, 11.00-12.00 WIB

2. GOR Pengadegan

Warga Kelurahan Cikoko, 08.00-09.00 WIB
Warga Kelurahan Rawajati, 09.30-10.30 WIB
Warga Kelurahan Pengadegan, 11.00-12.00 WIB.

Syarat untuk bisa mengikuti vaksinasi tersebut adalah warga membawa KTP Jakarta atau surat domisili dari kelurahan bagi warga non KTP DKI Jakarta.

Selain itu, bagi warga non KTP DKI yang bekerja di Jakarta khususnya di wilayah Pancoran juga bisa mengakses layanan tersebut dengan melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan.

"KTP non DKI juga bisa asal dibuatkan surat domisili dari lurah atau kalau bekerja dibuatkan surat keterangan bekerja dari perusahaan di Pancoran," katanya.


Cara Cek Lokasi Vaksin COVID-19 di Google Maps


Selain lokasi-lokasi di atas, Anda juga bisa mencari sentra vaksinasi COVID-19 terdekar dari lokasi dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

"Bukan cuma cari jalan, sekarang di Google Maps bisa tahu lokasi vaksinasi, lho! Yupp, sekarang kamu bisa mendapatkan informasi lokasi vaksinasi terdekat dengan ketik 'Vaksin COVID-19' di kolom pencarian Google Maps," tulis akun @jsclab Jakarta Smart City.

Caranya ikuti langkah berikut ini:

1. Ketik "Vaksin COVID-19" di kolom pencarian Google Maps

2. Daftar lokasi vaksinasi akan muncul.

Fitur ini merupakan hasil kerja sama Jakarta Smart City, Google Maps, dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk memudahkan warga menjadi lokasi vaksinasi.


Baca juga artikel terkait VAKSIN 18 TAHUN atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight