Daftar Lengkap Pemenang GDA 2021 Hari Pertama: IU Raih Daesang

Oleh: Maria Ulfa - 10 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Dalam ajang GDA 2021 hari pertama, IU berhasil memboyong piala Daesang untuk kategori Digital Song of the Year.
tirto.id - Ajang penghargaan Golden Disc Awards (GDA) ke-35 tahun tahun 2021 hari pertama telah digelar pada Sabtu (9/1/2021) kemarin. Acara yang dipandu oleh Lee Seung Gi dan Park So Dam ini digelar secara daring tanpa penonton.

GDA 2021 hari pertama disiarkan di beberapa channel TV kabel Korea Selatan seperti JTBC, JTBC2, dan JTBC4.

Ajang penghargaan ini digelar untuk mengapresiasi musikus di industri musik Korea Selatan yang telah merilis album atau lagu dari bulan November 2019 sampai bulan November 2020.

Pada GDA hari pertama tersebut, para pemenang yang diumumkan adalah untuk kategori lagu yang dirilis secara digital.

Sejumlah kategori nominasi Golden Disc Awards 2021 yang diumumkan pada pertama adalah, Digital Song Division (Bonsang), Golden Choice, Best Ballad, Best R&B/Hip-hop Awards, Best Trot, Best Group, Best Solo Artist, hingga penghargaan utama yaitu Digital Song of the Year (Daesang).

IU berhasil memboyong piala Daesang untuk kategori Digital Song of the Year. Sementara, sejumlah penyanyi yang memenangkan Digital Song Division Bonsang adalah BLACKPINK, Hwasa, ITZY, Red Velvet, Oh My Girl, Zico, Noel, MAMAMOO, IU, BTS.

Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang GDA 2021, seperti dikutip Soompi.

Digital Song of the Year (Daesang): IU

Digital Song Division Bonsang: BLACKPINK, Hwasa, ITZY, Red Velvet, Oh My Girl, Zico, Noel, MAMAMOO, IU, BTS

Golden Choice: NU’EST

Best Ballad: Lee Seung Gi

Best R&B/Hip Hop: Changmo

Best Trot: Im Young Woong

Best Solo Artist: Jessi

Best Group: MONSTA

Next Generation: LOONA, The Boyz

Trend of the Year: Zico

Daftar idol grup dan penyanyi yang hadir pada GDA ke-35 pada hari pertama antara lain Park Ji Chan, The Boyz, LOONA, ITZY, Changmo, Oh My Girl, MONSTA X, Im Young Woong, Hwasa, MAMAMOO, Noel, Jessi, NU’EST dan IU.

Adapun GDA ke-35 sendiri digelar selama dua hari, yakni kemarin dan hari ini, Minggu (10/1/2021) pukul 13.50 WIB. Untuk hari kedua, acara ini akan dibawakan oleh aktris Lee Da Hee dan Sung Si Kyung.

Untuk hari kedua, para pemenang yang akan diumumkan adalah untuk kategori album dan lagu yang telah dirilis secara fisik.

Sementara itu, sejumlah idol Kpop yang akan hadir dalam gelaran GDA hari kedua adalah GOT7, BTS, SEVENTEEN, TWICE, ENHYPEN,TREASURE, LAPOEM, Park Jin Young dan Rain, (G)I-DLE, TXT, NCT 127, dan Stray Kids.

Pihak GDA sendiri akan menayangkan acara malam tersebut secara tertunda lewat akun YouTube resmi mereka.

Selain itu, lewat akun YouTube GDA pula, penggemar juga bisa menyaksikan wawancara di belakang panggung dengan sejumlah pengisi acara.


Baca juga artikel terkait GOLDEN DISC AWARDS 2021 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight