Daftar Layanan Alternatif Penyimpanan Foto Online Selain Flickr

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Google Photos jadi salah satu layanan alternatif favorit penyimpanan foto online selain Flickr.
tirto.id - Flickr telah mengumumkan akan menghapus foto akun gratis yang melebihi batas mulai 12 Maret 2019. Bagi pengguna yang tak ingin beralih ke akun pro, dapat mencoba beberapa layanan alternatif penyimpanan foto online selain Flickr yang tak kalah fiturnya.

Google Photos

Merupakan salah satu layanan hosting dan sharing foto terbesar saat ini. Keunggulan utama Google Photos adalah menawarkan penyimpanan tak terbatas. Selain itu, Google Photos juga menyediakan fitur untuk backup otomatis foto yang dibidik dari smartphone.

Kekurangan layanan Google Photos adalah resolusi atau kualitas foto yang disimpan dibatasi, yakni maksimal 16 megapiksel untuk foto dan FHD untuk video. Foto dan video dengan resolusi lebih tinggi secara otomatis akan diturunkan resolusinya sesuai ketentuan Google Photos.


Shoebox

Salah satu layanan image hosting berbasis di Kanada ini laik dipertimbangkan untuk menggantikan Flickr. Keunggulan Shoebox menawarkan antarmuka ringan, sederhana, dan mudah digunakan. Shoebox juga menyediakan kemudahan backup foto yang diunggah ke Facebook.

Layanan Shoebox memiliki kekurangan, yakni pembatasan kualitas foto maksimal 10,6 megapiksel saja. Shoebox versi gratis juga tidak dapat menyimpan video resolusi 4K, sedangkan video resolusi FHD maksimal berdurasi 3 menit untuk tiap file.

Dropbox

Layanan penyimpanan berbasis cloud ini agak berbeda dari Flickr. Meski demikian, Dropbox menawarkan kelebihan yang memudahkan pengguna mengatur foto dengan adanya fitur selective sync dan sinkronisasi multi perangkat. Sayangnya untuk akun gratis, Dropbox hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 2GB saja.

Imgur

Layanan hosting dan berbagi foto cukup populer ini terutama untuk kreator meme. Kelebihan layanan Imgur ini gratis dan tidak membatasi jumlah foto yang diunggah oleh pengguna. Imgur menyediakan aplikasi di Android dan iOS untuk memudahkan pengguna mengelola foto miliknya.


Sebelumnya, Flickr telah mengimbau pengguna akun gratis untuk mengunduh foto-fotonya sebelum tanggal eksekusi. Berdasarkan informasi yang dilansir dari The Verge, Flickr hanya mengijinkan pengguna mengunduh 500 foto sekaligus dalam satu waktu.

Jika jumlah foto yang dimiliki lebih dari jumlah tersebut, maka proses unduh dapat dilakukan secara bertahap. Selain itu, pengguna dapat mengunduh maksimal 5.000 foto dalam sebuah album dalam satu waktu.

Namun, beberapa pengguna melaporkan adanya masalah saat mengunduh foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Berdasarkan diskusi di forum Flickr, pengguna sebaiknya mengunduh maksimal 500 foto dalam satu waktu agar tidak mengalami masalah.


Baca juga artikel terkait FLICKR atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Hard News)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight