Daftar Kandungan & Manfaat Minyak Kelapa: Bisa Turunkan Berat Badan

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans - 1 Des 2021 15:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manfat minyak kelapa untuk kesehatan, mulai dari sumber energi hingga mengurangi berat badan.
tirto.id - Beberapa tahun terakhir, minyak kelapa semakin populer dengan klaimnya yang dapat mengatasi segala permasalahan kesehatan mulai dari penurunan berat badan hingga memperlambat pertumbuhan penyakit Alzheimer.

Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang berasal dari buah kelapa. Meski berasal dari tumbuhan, akan tetapi minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang jauh lebih tinggi.

Oleh sebab itu, terdapat kontroversi mengenai kebermanfaatan minyak kelapa bagi kesehatan.

Seperti diwartakan situs Medical News Today, pada Juli 2016 lalu, hasil survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 27% orang mempercayai bahwa minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, akan tetapi hanya 37% ahli gizi menyetujui hal tersebut.

Lemak dan minyak memang dapat memberikan nutrisi penting, akan tetapi perlu diingat bahwa konsumsi tiap harinya harus sesuai anjuran dan dalam porsi sedang.

Infografik SC Minyak Kelapa
Infografik SC Minyak Kelapa. tirto.id/Tino


Berikut ini uraian tentang kandungan dan manfaat minyak kelapa.

Kandungan Minyak Kelapa


Satu sendok makan minyak kelapa mengandung sumber terpercaya, di antaranya:

  1. 121 kalori
  2. 0 gram protein
  3. 13,5 g lemak, di mana 11,2 g jenuh
  4. 0 miligram (mg) kolesterol
  5. Vitamin E, akan tetapi tidak ada serat dan sedikit atau tidak ada vitamin atau mineral lainnya.
Minyak kelapa hampir mengandung 100% lemak yang sebagian besar adalah lemak jenuh. Namun, struktur lemak dalam minyak kelapa berbeda dari banyak produk hewani.

Manfaat Minyak Kelapa


Berikut ini diuraikan beberapa kemungkinan manfaat dari minyak kelapa bagi kesehatan berdasarkan uraian dalam situs Healthline.

  • Sumber energi, minyak kelapa kaya akan kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) atau minyak trigliserida rantai menengah yang menyediakan sumber energi cepat untuk diserap dan digunakan oleh tubuh.
  • Memiliki efek antimiktroba, asam larutan dalam minyak kelapa dimungkinkan memiliki sifat antimikroba terhadap berbagai mikroorganisme berbahaya.
  • Menyehatkan rambut, minyak kelapa dapat membantu memperkuat rambut dengan menignkatkan fleksibilitas dan mengurangi kerusakan pada tiap helai rambut.
  • Menyehatkan kulit, minyak kelapa dapat membantu melembabkan kulit dan meningkatkan fungsi penangkal pada kulit.
  • Mengurangi frekuensi kejang, kandungan MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan konsentrasi keton darah yang dapat membantu mengurangi frekuensi kejang.
  • Sumber antioksidan, minyak kelapa memberikan efek anti-inflamasi, anti diabetes, dan pelindung otak.
  • Meningkatkan rasa kenyang, MCT dapat membantu mengurangi asupan makanan dengan mengurangi rasa lapar sehingga tetap terasa kenyang. Namun, fakta menunjukkan bahwa minyak kelapa tidak selalu memberikan efek yang sama.
  • Menyehatkan gigi, minyak kelapa menjadi cara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesehatan mulut karena kandungan asam larut di dalamnya.
  • Mengurangi gejala penyakit Alzheimer, hal tersebut dikarenakan minyak kelapa mengandung banyak MCT yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar keton dalam darah. Minyak kelapa berpotensi membantu gejala penyakit Alzheimer, namun diperlukan studi lebih lanjut untuk penjelasan selengkapnya.
  • Mengurangi berat badan, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi sejenis minyak jenuh dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Namun, masih belum pasti akan efek ini dari hasil konsumsi minyak kelapa itu sendiri.


Baca juga artikel terkait MANFAAT MINYAK KELAPA atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Dhita Koesno

DarkLight