Daftar Fitur Baru Whatsapp yang akan Dirilis Tahun Ini 2021

Oleh: Septiany Amanda - 5 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Daftar fitur baru WhatsApp yang bakal rilis tahun ini, mulai dari video call web dan desktop hingga read later.
tirto.id - WhatsApp sedang mengerjakan beberapa fitur baru dalam beberapa minggu terakhir. Beberapa fitur ini sedang dalam pengembangan, sementara yang lain dilaporkan sedang diuji dalam bentuk beta (yang berarti peluncurannya tidak lama lagi).

Belum lama ini, WhatsApp sedang menguji panggilan suara atau video untuk versi web dan desktopnya. Fitur-fitur baru WhatsApp diharapkan dapat meningkatkan pengalaman perpesanan.

Berikut daftar fitur baru WhatsApp yang sedang dikerjakan dan kemungkinan akan dirilis pada tahun 2021 :

1. New Terms of Service (Syarat Ketentuan Baru)

WhatsApp akan merilis syarat dan ketentuan baru pada 8 Februari 2021 mendatang.

Laman WABetaInfo menuliskan bahwa perihal syarat dan ketentuan baru tersebut diperoleh dari pemberitahuan pihak WhatsApp.

Tangkapan layar atau screenshot dari situs tersebut menunjukkan bahwa pengguna wajib menerima syarat dan kebijakan privasi baru yang dicanangkan WhatsApp.

Jika pengguna tidak menyetujui kebijakan tersebut, aplikasi WhatsApp kemungkinan tidak berfungsi lagi dan akunnya tidak bisa digunakan.

2. Video Call Web dan Desktop

WhatsApp akan memperkenalkan fitur panggilan suara dan video ke versi desktop pada tahun 2021.

Laman WABetaInfo menuliskan WhatsApp sedang bekerja, sejak dua tahun atau lebih, implementasi panggilan di WhatsApp Web / Desktop (koneksi dengan telepon selalu diperlukan).

WhatsApp masih meluncurkan panggilan beta untuk pengguna tertentu.

Ketika pengguna menerima suara atau panggilan dari WhatsApp Web / Desktop, jendela terpisah akan ditampilkan dimana pengguna dapat menerima atau menolak panggilan masuk.

3. Multiple Devices Support

Laman WABetaInfo menuliskan WhatsApp bekerja sejak tahun lalu pada fitur baru yang memungkinkan untuk menggunakan akun WhatsApp yang sama di beberapa perangkat secara bersamaan.

Hal ini berarti pengguna tidak akan terputus dari perangkat utama ketika pengguna mencoba untuk masuk dari telepon yang berbeda.

Fitur Multiple Devices Support sedang dalam pengembangan dan akan tersedia di masa mendatang.

Hal yang menjadi catatan untuk pengguna bahwa semua perangkat akan menerima pesan masuk. Ketika fitur multi perangkat aktif, dan semua tindakan akan disinkronkan (misalnya membintangi pesan, mematikan / mengarsipkan obrolan, dan lainnya).

4. Mute Video

Laman WABetaInfo menuliskan WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk Mute (mematikan) video sebelum mengirimnya ke kontak atau mengaturnya sebagai pembaruan status.

Fitur Mute Video ini dilaporkan dalam pengembangan untuk pengguna Android pada tahap awal, meskipun mungkin juga akan menjangkau pengguna iPhone di masa mendatang.

5. Join Missed Calls dan Biometric Lock

Laman WABetaInfo menuliskan WhatsApp sedang menguji coba dua fitur baru yaitu Join Missed Calls dan Biometric Lock.

Pada fitur baru Join Missed Calls, pengguna memungkinkan untuk bergabung dengan panggilan dengan cepat dalam situasi tertentu.

Khususnya, jika seseorang di antara kontak mengundang untuk bergabung dengan panggilan grup, dan jika tidak dapat bergabung pada saat itu, pengguna dapat bergabung saat membuka WhatsApp lagi, jika panggilan belum ditutup.

Fitur Join Missed Calls masih dalam pengembangan dan akan tersedia di pembaruan mendatang.

Untuk fitur Biometric Lock, WhatsApp sedang mengerjakan peningkatan baru untuk Kunci Sidik Jari.

Fitur tersebut bisa digunakan pengguna untuk melindungi WhatsApp dengan sidik jari.

Jika pengguna menggunakan perangkat Android yang tidak memiliki sensor sidik jari tetapi memiliki sistem pengenalan Wajah, pengguna tidak dapat menggunakan Kunci Sidik Jari dengan jelas, tetapi WhatsApp akhirnya meningkatkannya dengan fitur sebagai berikut :

    • Kunci sidik jari akan menjadi kunci Biometrik, karena akan mendukung lebih banyak cara untuk mengotentikasi identitas pengguna untuk membuka WhatsApp;
    • Pengenalan Wajah akan didukung, jika perangkat memiliki sensor yang tepat;
    • Pengenal unik lainnya juga akan dipertimbangkan jika sidik jari atau pengenalan wajah gagal. Sebenarnya tidak ada cara untuk membuka WhatsApp jika sensor sidik jari tidak dapat mengidentifikasi pengguna, tetapi lebih banyak cara akan tersedia dari OS dalam kasus ini.

6. Read Later

Laman WABetaInfo menuliskan WhatsApp sedang membuat fitur baru Read Later atau Baca Nanti.

Fitur Read Later ini memungkinkan pengguna untuk menunda pesan masuk dan mengizinkan pesan masuk di jam yang sudah dijadwalkan, sehingga pengguna bisa mengatur waktu untuk membaca pesan masuk.

Fitur Baca Nanti ini berintegrasi dengan pengembangan mode liburan yang dikembangkan WhatsApp sehingga memungkinkan pengguna menyimpan obrolan pada arsip ketika pengguna mendapatkan pesan baru.

Dengan pembaruan selanjutnya, WhatsApp akan menggantikan, "Obrolan yang Diarsipkan" dengan "Baca Nanti".


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Yantina Debora
DarkLight