Daftar Film Tentang Guru: Dead Poets Society dan The Karate Kid

Oleh: Sirojul Khafid - 25 November 2019
Dibaca Normal 3 menit
Hari Guru Nasional jatuh pada hari ini, Senin 25 November 2019. Berikut film-film yang berkisah tentang guru.
tirto.id - Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Dalam pengertiannya yang lebih luas, seorang guru, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, adalah orang yang berperan dalam mengajarkan ilmu pengetahuan kepada muridnya.

Atas hal tersebut, tak jarang sosok guru juga diangkat ke layar lebar, karena dianggap mampu mengubah cara pandang dan jalan hidup seseorang.

Melalui film, tentu saja ada banyak sudut pandang yang bisa menjadi pelajaran, terutama terkait relasi guru dan siswa. Melansir IMDb, berikut beberapa film tentang guru dan sinopsisnya:

1. Stand and Deliver (1988)

Sekolah Menengah Atas Garfield di Los Angeles terancam ditutup. Nilai akademis dan kelakuan para siswanya menjadi salah satu alasannya. Banyak para siswa dan wali siswa yang menganggap bahwa sekolah tidak penting, hanya buang-buang waktu saja.

Hingga suatu hari, masuklah Jaime Escalante yang menjadi guru baru di sekolah tersebut. Dia melepaskan pekerjaannya sebagai insinyur untuk bisa mengajar. Dia ingin mengubah cara mengajar dan memberi para siswa harapan di masa depan.

Salah satu tugas Escalante adalah mengajarkan kalkulus, pelajaran yang bagi kebanyakan siswa susah dan rumit. Namun pelajaran itu salah satu hal yang bisa mendongkrak status sekolah, dan bisa jadi menyelamatkan dari penghancuran.

Para pemain yang bergabung di antaranya Edward James Olmos, Estelle Harris, Mark Phelan, Virginia Paris, dan Eliot. Stand and Deliver berada dalam arahan sutradara Ramón Menéndez dengan Tom Musca membantu dalam hal penulisan naskah.

2. Dead Poets Society (1989)

Sosok pemalu Todd Anderson dikirim ke sekolah kakak lelakinya yang populer. Dia punya teman sekamar, Neil Perry, yang meskipun sangat cerdas dan populer, namun dia selalu ditekan oleh ayahnya yang sombong.

Keadaan menjadi berbeda saat mereka bertemu dengan Profesor Keating, guru bahasa Inggris mereka yang baru. Profesor Keating memberi tahu Anderson dan Neil Perry serta siswa lain tentang Dead Poets Society.

Guru bahasa Inggris itu juga mendorong para siswa untuk menentang status quo dengan caranya masing-masing.

Para pemain yang bergabung di antaranya Robin Williams, Robert Sean Leonard, Ethan Hawke, Josh Charles, dan Gale Hansen. Dead Poets Society berada dalam arahan sutradara Peter Weir dan Tom Schulman sebagai penulis naskah.

3. Freedom Writers (2007)

Tahun 1994 menjadi awal dari guru idealis, Erin Gruwell. Dia mengajar bahasa Inggris di Woodrow Wilson High School di Long Beach, California. Sebenarnya Gruwell belum begitu siap saat mengetahui bahwa para siswanya berasal dari berbagai kalangan, ras, dan punya cap “buangan”.

Banyak dari para siswa ikut geng yang syarat dengan bahaya sampai kematian. Tidak hanya di luar mereka mengikuti geng, permasalahan di kelas juga tidak kalah pelik. Antar siswa yang berbeda ras saling benci.

Hingga suatu ketika, Gruwell terpikir sebuah cara untuk bisa mengetahui situasi. Dia memberi tugas menulis jurnal harian. Tugas itu tidak akan dinilai dan tidak akan dibaca kecuali pemilik buku mengizinkan.

Hal itu mampu mengubah keadaan dari hari ke hari, banyak siswa yang mulai terbuka. Gruwell juga semakin tahu keadaan para siswa dan bagaimana cara terbaik bersahabat dengan mereka.

Para pemain yang bergabung di antaranya Hilary Swank, Patrick Dempsey, Scott Glenn, Imelda Staunton, dan April L. Hernandez.

Freedom Writers berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Richard LaGravenese.

4. School of Rock (2003)

Beberapa hal yang terjadi membuat gitaris Dewey Finn diusir dari band rock-nya. Bukan hanya sedih dan kecewa setelah diusir, dia harus menghadapi hutang dan depresi yang cukup mendalam. Finn harus berbagi apartemen dengan anggota band lama, Ned Schneebly, yang sekarang menjadi guru pengganti.

Keadaan finansial yang semakin memburuk membuat Finn memutuskan menjadi guru pengganti di sebuah sekolah dasar swasta. Sekolah itu tergolong sekolah yang berkelas dan menghasilkan para pemain berbakat.

Suatu ketika, dia mendapat kabar tentang kontes band rock lokal dengan hadiah sepuluh ribu dolar. Maka Finn membentuk band bersama anak-anak didiknya. Apabila dia menang, maka masalah hidupnya bisa terselesaikan.

Para pemain yang bergabung di antaranya Jack Black, Adam Pascal, Lucas Papaelias, Chris Stack, dan Sarah Silverman.

School of Rock berada dalam arahan sutradara Richard Linklater dan penulis naskah Mike White.

4. Lean on Me (1989)

Pada sebuah penilaian, salah satu sekolah di Paterson, New Jersey, memiliki nilai yang cukup jelek. Apabila hal tersebut berlanjut, ada kemungkinan sekolah tersebut diambil alih oleh negara.

Agar kerugian itu tidak terjadi, pihak otoritas sekolah memanggil seorang guru kontroversial untuk menjadi kepala sekolah. Sebelumnya, dia dipecat karena berbagai masalah. Banyak pihak yang merasa bahwa keputusan untuk menempatkan guru tersebut sebagai kepala sekolah merupakan hal yang salah.

Kebijakan-kebijakannya yang tidak biasa dan mendobrak kebiasaan lama membuatnya bermasalah dengan pihak lain, baik internal sekolah maupun eksternal sekolah. Tapi apa boleh buat, dia telah memutuskan dan akan terus maju.

Para pemain yang bergabung di antaranya Morgan Freeman, Beverly Todd, Robert Guillaume, Alan North, dan Lynne Thigpen.

Lean on Me berada dalam arahan sutradara John G. Avildsen dan penulis naskah Michael Schiffer.

5. The Karate Kid (2010)

Hubungan guru dan siswa bukan hanya terjadi di kelas, namun bisa di mana saja dan kapan saja. Kali ini kita melihat hubungan guru karate dan muridnya.

Kondisi keuangan yang berubah membuar Dre dan ibunya harus pindah dari Amerika menuju China. Dia masuk sekolah baru di sana. Sebagai siswa baru, tentu ada yang suka dan ada yang tidak suka. Sayangnya, siswa lain yang tidak suka adalah atlet karate di sekolahnya. Hal itu membuat Dre sering menjadi bulan-bulanan siswa ahli karate itu.

Suatu saat, salah satu peralatan rumahnya rusak. Dre bertemu dengan Mr. Han yang saat itu bertugas memperbaiki peralatan rumah yang rusak. Beberapa waktu kemudian, Dre mengetahui bahwa Mr. Han ternyata jago baladiri.

Dre kemudian meminta Mr. Han untuk mengajarinya beladiri, setidaknya untuk bisa menjaga diri. Dalam sebuah kesempatan, Dre dan siswa yang sering mengganggunya terlibat perselisihan. Kedua guru mereka juga terlibat percekcokan.

Agar keadaan bisa kondusif dan masalah cepat selesai, mereka akan bertanding di sebuah kejuaraan dan menunjukkan siapa yang terbaik.

Para pemain yang bergabung di antaranya Jaden Smith, Jackie Chan, Taraji P. Henson, Wenwen Han, dan Rongguang Yu.

The Karate Kid berada dalam arahan sutradara Harald Zwart serta Christopher Murphey dan Robert Mark Kamen sebagai penulis naskah.


Baca juga artikel terkait HARI GURU atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight