Daftar Film Tentang Bencana Alam: Ada Contagion dan Kemarin

Oleh: Alexander Haryanto - 18 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Berikut adalah daftar film yang berkisah soal bencana alam, mulai dari tsunami Aceh sampai badai tornado di Kota New York.
tirto.id - Bencana alam adalah peristiwa alam yang acapkali menelan korban jiwa. Ia bisa datang kapan dan menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu. Apalagi Indonesia masuk dalam daftar negara rawan bencana, sudah pasti tragedi ini sangat akrab di telinga kita.

Memasuki tahun baru 2021 ini, tercatat ada sekitar ratusan bencana alam yang melanda Indonesia. Menurut data BNPB, seperti dilaporkan melalui Twitter resminya, tercatat ada 136 bencana selama periode 1 Januari sampai 16 Januari, ini berdasarkan data hingga pukul 15:00 WIB.

Bencana alam yang mendominasi pada pembukaan tahun ini adalah banjir, kemudian diikuti puting beliung dan tanah longsor, dengan total ada sekitar 80 orang meninggal dunia.


Kemudian, 405.584 jiwa ikut terdampak dan mengungsi, 19 orang dinyatakan hilang serta 858 luka-luka. Selain bencana alam, pada 13 April 2020 pemerintah juga sudah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana alam non alam.

Tidak hanya itu, bencana alam di tahun 2021 ini juga telah menyebabkan 909 rumah rusak, dengan rincian 71 rumah rusak berat, 60 rumah rusak sedang dan 778 rumah rusak ringan. Kemudian, total ada 9 fasilitas umum mengalami kerusakan, 2 kantor rusak dan 8 jembatan rusak.

Peristiwa bencana ini juga pernah diangkat ke dalam layar lebar. Dari sana imajinasi kita diantarkan ke banyak sekali peristiwa mengerikan mulai dari badai, tornado, pandemi mematikan hingga tsunami. Berikut adalah daftar film yang mengangkat tema bencana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Contagion (2011)

Contagion adalah film thriller karya sutradara Steven Soderbergh yang berkisah tentang pandemi mematikan. Ini adalah salah satu film paling populer di HBO. Para ilmuwan juga memuji film ini karena mampu menggambarkan virologi (tentang seluk-beluk kehidupan virus) yang sangat akurat dan perlombaan kolektif untuk mendapatkan vaksin.

Meskipun dirilis pertama kali pada tahun 2011, film ini cukup relevan dengan kondisi saat ini mengingat dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19. Selain melumpuhkan ekonomi, pandemi juga telah banyak menelan korban jiwa.

2. NYC: Tornado Terror (2008)

NYC: Tornado Terror adalah film bencana Kanada yang disutradarai oleh Tibor Takacs dan dirilis pada Oktober 2008. Film ini berkisah tentang pemanasan global dan perubahan iklim, yang menyebabkan terpisahnya atmosfer atas dan bahwa sehingga menghasilkan muatan listrik yang besar. Akibatnya, muatan listrik itu menghasilkan tornado besar di Kota New York yang menyebabkan kehancuran dan korban jiwa.

3. Syawal was very scared (2010)

Film dokumenter ini berkisah tentang seorang anak korban tsunami asal Gampong Jawa, Banda Aceh ini adalah garapan sutradara asal Belanda, Wilma Ligthart. Film berdurasi 20 menit itu diputar perdana dan gratis pada Sabtu 23 Januari 2010 di Garuda Teater di jalan Imam Bonjol, Aceh.

Film dokumenter ini menceritakan Syawal, seorang anak berumur 12 tahun yang tinggal di sekitar Banda Aceh namun selamat dari tsunami, walaupun ia kehilangan ibu dan dua saudara perempuannya. Sebagaimana diketahui tsunami yang melanda Aceh turut menelan korban ratusan ribu jiwa.

4. Kemarin (2020)

Kemarin adalah film dokumenter yang berkisah tentang kisah perjalanan band Seventeen hingga akhirnya beberapa personelnya meninggal akibat peristiwa tsunami pada 22 Desember 2018. Semua itu terjadi saat mereka sedang manggung di Tanjung Lesung, Banten.

Film yang disutradarai oleh Upie guava dan Wisnu Surya Pratama sebagai penulis naskah ini sendiri diambil dari salah satu lagu Seventeen yang viral setelah peristiwa bencana tsunami tersebut.


Baca juga artikel terkait FILM BENCANA ALAM atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Film)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight