Daftar Beasiswa S2 di Luar Negeri dan Lembaga Penyedia Dananya

Oleh: Rachma Dania - 8 Oktober 2019
Sejumlah lembaga milik pemerintahan maupun swasta menyediakan beasiswa bagi warga berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk kuliah pascasarjana di luar negeri.
tirto.id - Bagi sebagian orang, menempuh pendidikan S2 di luar negeri merupakan impian. Apalagi, kuliah di luar negeri menjanjikan pengalaman lebih luas di dunia akademik, sekaligus gelar bergengsi. Akan tetapi, faktor biaya biasa menjadi kendala.

Oleh karena itu, beasiswa menjadi salah satu harapan banyak lulusan S1 untuk bisa menempuh kuliah pascasarjana di luar negeri. Sebagian program beasiswa tidak hanya memberikan fasilitas kuliah gratis di luar negeri, tetapi juga tunjangan hidup yang lumayan memadai.

Jenis beasiswa kuliah pascasarjana di luar negeri ada beragam. Lembaga penyedia beasiswa juga ada banyak. Berikut beberapa beasiswa S2 di luar negeri berdasarkan lembaga penyediannya.

1. Beasiswa dari pemerintah

Beasiswa jenis ini diberikan oleh lembaga pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Beasiswa dari pemerintah ada yang diberikan kepada kalangan umum maupun khusus bagi pegawai negeri sipil.

Contohnya ialah beasiswa LPDP yang dikelola oleh Kementerian Keuangan. Sejumlah kementerian pun pernah memberikan beasiswa kepada PNS dan non-PNS. Misalnya, Kemenkominfo membuka pendaftaran beasiswa kuliah S2 di Cina dan India, pada April 2019 lalu.

2. Beasiswa dari pemerintah asing

Sejumlah lembaga donor bentukan pemerintah asing juga menyediakan program beasiswa bagi warga negara lain, termasuk Indonesia, untuk kuliah pascasarjana di luar nebergi. Di antaranya adalah:
3. Beasiswa Yayasan

Sejumlah yayasan juga menyediakan beasiswa. Di antara lembaga yayasan penyedia beasiswa kuliah pascasarjana ke luar negeri ialah:

Baca juga artikel terkait PROGRAM BEASISWA atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Rachma Dania
Editor: Addi M Idhom
DarkLight