Daftar Arti Kode Tahan Air ATM, WR, BAR di Jam Tangan dan Gadget

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 26 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketahanan air pada jam tangan dan smartwatch ditentukan pada kode ATM atau BAR.
tirto.id - Sebagian besar jam tangan atau jam tangan pintar saat ini memiliki kemampuan tahan air atau Water Resistant (WR). Beberapa tipe smartwatch menggunakan standar sertifikasi IP67 atau IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Akan tetapi, sebagian jam tangan menggunakan kode ATM atau BAR untuk menandai ketahanan terhadap air.

Banyak yang masih belum mengetahui satuan atau kode ATM dan BAR pada jam tangan. Hal ini berujung pada penggunaan jam tangan atau smartwatch pada kondisi ekstrem melebihi kemampuannya. Ketahanan air pada jam ditentukan pada kode ATM atau BAR.

ATM sendiri adalah singkatan dari Atmosphere Pressure. Kode ATM menunjukkan ketahanan jam tangan terhadap tingkat tekanan udara yang dapat diterima oleh jam tangan tersebut. Semakin tinggi angkanya, jam tangan tersebut akan semakin tahan terhadap tekanan udara yang ditimbulkan karena air.

Sedangkan BAR juga menjadi penentu tingkat ketahanan sebuah jam tangan atau smartwatch. Kode 1 ATM = 1,01325 Bar atau setara dengan 10 meter. Sejauh ini ada lima kelas water resistant pada jam tangan atau arloji, yakni 3 ATM, 5 ATM, 10 ATM, 20 ATM, dan 100 ATM.

Namun bila sebuah jam tangang tertulis water resistant 100m atau ketahanan 100 meter ini bukan berarti jam tangan dapat digunakan untuk berenang dengan kedalaman 100 meter karena produsen mengujinya hanya dalam kondisi air statis.

Berikut ini lima kelas water resistant yang dapat digunakan sebagai acuan ketahanan jam tangan atau smartwatch sebagaimana dirangkum dari laman I Know Watches dan JS Watch, Senin (26/8/2019).

Water Resistant 3 ATM (30m)

Jam tangan dengan rating Water Resistant 3 ATM (30m) ini biasanya hanya mampu menahan percikan air saja. Jam tangan ini bisa bertahan dengan percikan air hujan atau wudu, tetapi tidak cocok untuk berenang.

Water Resistant 5 ATM (50m)

Jam tangan atau smartwatch dengan rating WR 5 ATM memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap air. Jam tangan dengan rating ini dapat digunakan untuk berenang atau terkena hujan yang lebat.

Water Resistant 10 ATM (100m)

Ketahanan air pada jam tangan dengan rating 10 ATM sudah cukup kuat menghadapi air bertekanan. Jam tangan kelas ini dapat digunakan untuk aktivitas di dalam air seperti berenang lebih dalam atau snorkling.

Water Resistant 20 ATM (200m)

Rating yang lebih tinggi adalah 20 ATM atau 200m. Jam tangan dengan rating ini sudah dapat digunakan untuk aktivitas profesional dalam air, seperti diving tanpa tabung oksigen.

Water Resistant 100 ATM

Rating yang paling tinggi adalah 100 ATM atau 1.000m. Jam tangan dengan rating ini sudah dapat digunakan untuk aktivitas profesional diving dengan menggunakan tabung atau aktivitas di luar angkasa.


Baca juga artikel terkait SMARTWATCH atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight