tirto.id - Video music (MV) BLACKPINK “DDU-DU DDU-DU” baru saja menggapai angka 900 juta tayang di YouTube pada 30 Juli 2019.
Prestasi tersebut juga mengantarkan "DDU-DU DDU-DU" menjadi MV grup K-pop pertama yang mencapai 900 juta tayang. MV ini berhasil mencetak sejarah dalam kurun waktu 1 tahun, 1 bulan, 15 hari tiga dan 3 jam.
Selain BLACKPINK, hingga saat ini artis Korea lain yang telah melampaui angka sama hanya penyanyi PSY lewat 2 MV lagu miliknya yaitu “Gangnam Style” dan “Gentleman”.
Kemudian, artis Kpop siapa sajakah yang MV lagunya telah berhasil meraup ratusan penonton di YouTube? Berikut daftar 10 lagu Korea dengan views terbanyak di YouTube menurut data Kworb.net yang dilansir pada Sabtu (10/8/2019).
1. PSY “Gangnam Style”
Menurut data terakhir Kworb.net, jumlah penonton MV lagu “Gangnam Style” yang dirilis Juli 2012 ini telah meraup hampir 4 miliar views di YouTube officialpsy.
Angka tersebut juga membuat MV “Gangnam Style” masuk jajaran MV jumlah penonton terbanyak di YouTube sepanjang masa, dan duduk di tangga ke-5, kalahkan Justin Bieber “Sorry” dan Maroon 5 “Sugar”.
2. PSY “Gentleman”
“Gantleman”dirilis pada April 2013, menurut data terbaru, MV lagu ini telah ditonton lebih dari 1,2 miliar kali di YouTube officialpsy.
Video klip ini tercatat meraup jumlah penonton harian tertingginya pada 14 April 2013, yakni mencapai 38,4 juta tayang. Menurut trend Kworb.net, MV “Gantleman” diperkirakan dapat menyentuh angka 1,5 miliar pada Maret 2023.
3. BLACKPINK “DDU-DU DDU-DU”
Menurut data termutakhir, MV "DDU-DU DDU-DU" milik girl group BLACKPINK telah ditonton lebih dari 911 juta kali di YouTube.
"DDU-DU DDU-DU" dirilis pada Juni 2018, kembali melihat Kworb.net, pada tahun pertamanya, MV lagu ini ditonton lebih dari 579 juta kali.
Sepanjang tahun 2019 video klip lagu tersebut telah ditonton lebih dari 331 juta kali. MV "DDU-DU DDU-DU" diperkirakan dapat menyentuh angka 1 miliar views pada 26 Oktober 2019.
4. BTS “ DNA”
Dari data terbaru, video klip “DNA” milik boy group BTS yang rilis pada September 2017 ini telah ditonton lebih dari 800 juta views di YouTube. Menurut Soompi, MV “DNA” sukses menggapai angka tersebut dalam kurun waktu 1 tahun, 10 bulan dan 22 hari.
Menurut data Kworb.net, jumlah penonton bulanan “DNA” mengalami pasang surut, pada bulan pertamanya, MV tersebut ditonton lebih dari 74 juta kali, kemudian jumlah penonton menurun di bulan berikutnya yakni 59 juta tayang.
Pada bulan Juli 2019 MV “DNA” ditonton lebih dari 23 juta kali, dan menurut trend tersebut, video klip ini dapat menyentuh angka 1 miliar tayang pada Maret 2020.
5. PSY “Gangnam Style 2nd Version” Feat Hyuna
Penyanyi PSY kembali memasuk peringkat lewat MV lagu “Gangnam Style 2nd Version” Feat Hyuna yang dipublish pada 14 Agustus 2012.
Data terakhir menunjukkan MV lagu tersebut telah ditonton lebih dari 744 kali, dan video klip ini diperkirakan akan menyentuh angka 800 juta tayang pada 28 November 2021.
6. BLACKPINK “Boombayah”
Girl group BLACKPINK kembali memasuki tangga lewat MV lagu debut mereka “Boombayah”. Menurut data tebaru, video klip lagu rilisan 2016 itu telah ditonton lebih 673 kali.
Menurut Kworb.net, MV lagu ini diperkirakan akan dapat menyentuh angka 700 juta views pada September 2019.
7. BLACKPINK “As If It’s Your Last”
MV “As If It’s Your Last” milik group asuhan YG Entertainment, BLACKPINK duduk di tangga ke-7 dengan jumlah tayang lebih dari 654 juta kali. Video klip yang dirilis pada Juni 2017 ini akan dapat mengawai 700 juta tayang pada Oktober tahun ini.
8. BTS “FIRE”
Video musik lagu “FIRE” BTS dirilis pada Mei 2016, dalam kurun waktu tiga tahun, MV lagu ini telah ditonton lebih dari 587 juta kali di YouTube 1theK dan diperkirakan dapat menyentuh angak 600 juta views pada September mendatang.
9. BTS “Fake Love”
MV milik Bangtan Boys selanjutnya yakni “Fake Love” menurut data terakhir telah tayang lebih dari 570 juta kali.
Masih menurut Kworb.net, jumlah penonton bulanan terbanyaknya ada di Mei 2018 dengan lebih dari 122 juta tayang. Lagu rilisan Mei 2018 ini diprediksi akan menyentuh angka 600 juta tayang pada Oktober 2019.
10. BTS “MIC Drop Feat Steve Aoki Remix”
Bangtan Boys menutup peringkat ini dengan MV lagu “MIC Drop feat Steve Aoki Remix” yang dirilis pada November 2017 lalu. Sejauh ini video klip lagu tersebut telah meraup lebih dari 538 juta tayang di YouTube ibighit.
Jumlah views bulanan terbanyaknya ada di bulan pertama perilisan MV yakni November 2017 dengan total 36 juta tayang. Bulan lalu, Juli 2019, MV “MIC Drop feat Steve Aoki Remix” ditonton lebih dari 3 juta kali, dan menurut Kworb.net, video musik ini mampu mencapai angka 600 juta views pada Desember tahun ini.
Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani