Cuci Tangan vs Hand Sanitizer, Mana Lebih Efektif Cegah Corona?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 2 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selama pandemi corona COVID-19, salah satu cara termurah, termudah, dan paling penting untuk mencegah penyebaran virus adalah mencuci tangan.
tirto.id - Virus yang menyerang pernapasan seperti coronavirus COVID-19 menyebar ketika tetesan yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Yang paling sering, virus akan masuk ke tubuh melalui tangan.

Selama pandemi corona COVID-19, salah satu cara termurah, termudah, dan paling penting untuk mencegah penyebaran virus adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air. Mengapa Anda harus cuci tangan?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencuci tangan dengan sabun dan air akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda. Selain mencuci tangan, WHO juga menyarankan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Mana yang lebih efektif mencegah virus corona?

Sanitizer pada dasarnya adalah isopropil alkohol, plus gel, ditambah minyak esensial. Pada awalnya, rumah sakit dan pusat layanan kesehatan lainnya menggunakan solusi ini untuk dokter yang tidak sempat pergi ke kamar kecil untuk mendisinfeksi diri sebelum bertemu pasien.

Cara sanitizer bekerja terutama melalui kekuatan alkohol. Alkohol dapat "membunuh" banyak jenis bakteri dan virus dengan menghancurkan lapisan terluar mereka, membuat mereka tidak dapat mengambil alih inang. Ini tidak efektif dengan virus dengan kulit luar yang keras, seperti norovirus. Namun, dalam keadaan darurat, sanitizer akan melindungi Anda dari virus tak kasat mata yang mungkin ada di transportasi massal atau toilet umum.

Sabun bekerja sedikit berbeda. Alih-alih membunuh virus dan bakteri, tujuannya adalah untuk mengangkat kotoran, minyak, dan agen berbahaya lainnya yang ada di tangan Anda. Sanitizer tidak menghilangkan apa-apa: sanitizer hanya mensterilkan bakteri dan virus dan dapat meninggalkan pestisida atau spora di tangan Anda.

Membasuh virus corona mungkin tidak terdengar sekeras menghentikannya, tetapi terbukti lebih efektif, terutama untuk patogen yang terbungkus lendir.

"Tidak ada alasan apapun yang membuat alkohol lebih baik daripada mencuci tangan secara efektif," kata Preeti Malani, seorang profesor medis yang berfokus pada penyakit menular di University of Michigan, seperti dikutip Popular Science.

Untuk menggunakan sanitizer dengan benar, keluarkan produk sekitar tiga milimeter (seukuran payet) ke telapak tangan Anda dan gosokkan setidaknya 10 hingga 15 detik hingga tangan Anda kering. Anda dapat melakukan ini kapan pun Anda merasa perlu.

Namun, sejauh ini, mncuci tangan masih menjadi solusi terbaik dari pencegahan terhadap virus corona. Pasalnya, sabun dan air mengalir terbukti efektif dalam menghalau berbagai jenis kuman dan bakteri. Menurut CDC, mencuci tangan efektif sebab:

- Orang sering menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa menyadarinya. Kuman bisa masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut dan membuat kita sakit.

- Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat masuk ke makanan dan minuman sementara orang menyiapkan atau mengkonsumsinya. Kuman dapat berkembang biak di beberapa jenis makanan atau minuman, dalam kondisi tertentu, dan membuat orang sakit.

- Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat ditransfer ke benda lain, seperti pegangan tangan, puncak meja, atau mainan, dan kemudian ditransfer ke tangan orang lain.

- Mengusir kuman dan virus melalui cuci tangan membantu mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan dan bahkan dapat membantu mencegah infeksi kulit dan mata.

Jika Anda lebih suka menggunakan sanitizer, itu tidak masalah. Akan tetapi, tetap pastikan untuk mencuci tangan sesering mungkin, terutama setelah menyentuh permukaan. Ingat juga untuk mendisinfeksi permukaan secara rutin di rumah atau kantor Anda yang berisiko kena tetesan batuk atau bersin.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight