Conor McGregor Nyatakan Pensiun dari MMA Lewat Twitter

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Conor McGregor menyatakan pensiun dari Mixed Martial Arts (MMA) melalui akun twitternya @TheNotoriousMMA pada Selasa (26/3/2019).
tirto.id - Conor McGregor menyatakan pensiun dari Mixed Martial Arts (MMA) melalui akun twitternya @TheNotoriousMMA pada Selasa (26/3/2019). Sebelum ini, pertarungan terakhir McGregor terjadi ketika ia tumbang dari Khabib Nurmagomedov di UFC 229 pada Oktober 2018 lalu.

"Hai kawan-kawan, pengumuman cepat. Saya memutuskan pensiun dari olahraga secara formal disebut Mixed Martial Art pada hari ini. Saya doakan semua kolega lama saya meraih sukses di kompetisi ini," ungkap sang petarung asal Irlandia.




Sepanjang berkarier di MMA, Conor McGregor tercatat sudah bertarung 25 kali, memenangi 21 laga di antaranya. Pria kelahiran 14 Juli 1988 ini tercatat menang KO sebanyak 18 kali dan lawan menyerah (submission) 1 kali.

Conor McGregor hanya 4 kali tumbang, yang terjadi saat melawan Artemij Sitenkov pada 3 Mei 2008, Joseph Duffy pada 27 November 2010, Nate Diaz pada 5 Maret 2016, dan terakhir melawan Nurmagomedov. Seluruh kekalahan sang petarung Irlandia terjadi karena submission.

Usai pertandingan terakhir, ketika McGregor takluk oleh Nurmagomedov di ronde keempat menit 3 detik ke-3, mantan juara UFC di kelas bulu dan kelas ringan ini dikenai hukuman skorsing enam bulan. Hal ini terjadi setelah perkelahian yang melibatkan kubu McGregor dan Nurmagomedov dalam laga itu.



Conor McGregor sendiri sempat menjajal dunia tinju profesional. Ia bertarung melawan Floyd Mayweather Jr. pada 26 Agustus 2017. Namun, kisah debutnya di tinju berujung kegagalan, karena McGregor kalah TKO usai bertarung 10 ronde melawan sang sosok tak terkalahkan asal Amerika Serikat.

Bagi Dana White, Presiden UFC, pensiunnya Conor McGregor bukanlah hal mengherankan. Menurutnya, dengan bisnis wiski, Proper No. Twelve, yang sudah diluncurkan sejak September 2018, wajar jika McGregor tak lagi antusias dalam bertarung.

"Ini semua masuk akal. Jika saya menjadi dia, saya juga akan pensiun. Dia pensiun dari pertarungan (MMA), tetapi tidak dari kerja. Wiski (produknya) akan tetap membuat sibuk. Dia sudah meraih banyak hal luar biasa di olahraga ini," kata White dikutip Brett Okamoto dari ESPN.

Baca juga artikel terkait MMA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight