Chelsea Akhiri Kerja Sama dengan Adidas

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 12 Mei 2016
Chesea akan mengakhiri kerja sama dengan Adidas usai kompetisi musim 2016-2017 mendatang atau 6 tahun lebih cepat dari rencana semula.
tirto.id - Chesea akan mengakhiri kerja sama dengan Adidas, salah satu apparel olahraga terbesar di dunia, usai kompetisi musim 2016-2017 mendatang atau 6 tahun lebih cepat dari rencana semula. Kedua pihak telah mengeluarkan pernyataan pada Rabu (11/6/2016) bahwa keputusan tersebut adalah kesepakatan yang saling menguntungkan.
“Kami mengkonfirmasi bahwa telah terjadi kesepakatan yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak untuk mengakhiri kerja sama. Kami mengucapkan banyak terima kasih pada Adidas untuk dukungan dan kerja sama yang fantastis selama lebih dari 10 tahun ini. Selama itu, klub telah berhasil meraih trofi Liga Champions, Liga Europa, dua Liga Primer, empat FA Cups, dan dua Piala Liga,” ungkap perwakilan klub Chelsea seperti yang dikutip independent.co.uk.

Adidas telah menyuplai kebutuhan Chelsesa sejak tahun 2006 lalu. Perusahaan asal Jerman tersebut akan menerima pelunasan lebih awal sebanyak 300 juta poundsterling dari manajemen klub dan membolehkan Chelsea untuk berpindah sponsor apparel ke kompetitor lain.

Belum jelas perusahaan apparel mana yang akan menggantikan Adidas. Belum ada keterangan resmi dari Chelsea. Namun spekulasi yang berkembang, kemungkinan besar di musim 2017-2018 mendatang klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu akan menggandeng Nike. Nike dan Adidas adalah dua kompetitor bebuyutan di pasar perlengkapan olahraga dunia.

Pekan lalu Chelsea baru saja memperkenalkan jersey Adidas baru mereka untuk musim 2016/2017 mendatang. Namun jersey baru tersebut mendapat banyak kritik dan cemoohan dari para suporter, baik dari segi desain yang dinilai jelek maupun harganya yang mahal. Untuk satu jersey replika, pembeli harus merogoh kocek hingga 90 poundsterling atau setara dengan Rp1.700.000.

Kontrak asli yang ditandatangani di tahun 2013 lalu adalah 290 juta poundsterling. Kesepakatan yang serupa dijalin Adidas dengan Manchester United, Real Madrid, dan AC Milan. Beberapa pemain besar seperti Lionel Messi, Paul Pogba, dan Gareth Bale juga sudah sejak lama menandatangani kontrak endorsment dengan perusahaan raksasa yang di tahun 2005 mengakuisisi Reebok tersebut. (ANT)

Baca juga artikel terkait CHELSEA atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight