Cerita Warga Saat Detik-detik Gempa Sukabumi

Oleh: Agung DH - 8 Januari 2019
Warga bercerita saat detik-detik gempa bumi Sukabumi.
tirto.id - Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa 8 Januari 2019 sore pukul 16:54 WIB. Warga Sukabumi menceritakan detik-detik saat terjadinya gempa yang membuat mereka panik dan melarikan diri dari rumah.

"Saat gempa saya berada di dalam rumah, tiba-tiba ada getaran dan melihat lampu bergoyang. Tanpa pikir panjang, saya langsung melarikan diri keluar rumah dan menggendong anak," kata warga Jalan Benteng Kidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi Nira Iyong, Selasa.

Informasi yang dihimpun dari rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan 5,4 SR berpusat di 7.85 Lintang Selatan, 106.48 Bujur Timur. Lokasi pusat gempa berada di sekitar 113 km Barat Daya Kota Sukabumi-Jawa Barat pada kedalaman 10 Km di laut.




Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi belum menerima informasi kerusakan akibat bencana dan masih melakukan pendataan di seluruh lokasi yang terdampak gempa.

Gempa tersebut juga dirasakan oleh warga Kabupaten Sukabumi, seperti Irfan Rifaudin yang rumahnya berada di Kecamatan Cibadak. Saat gempa ia sedang nongkrong yang tiba-tiba tetangganya lari keluar rumah. "Meskipun durasinya tidak lama, tetapi getarannya cukup kencang," katanya.


Baca juga artikel terkait GEMPA SUKABUMI atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Antara
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH