Cek Pengumuman Hasil SBMPTN 2018 ITB Bandung

Oleh: Husein Abdulsalam - 3 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Hasil SBMPTN 2018 di Institut Teknologi Bandung (ITB) bisa dicek di sini.
tirto.id - Pengumuman hasil SBMPTN 2018 dirilis pada hari ini, Selasa 3 Juli 2018 pada pukul 17.00. Sebelumnya, para calon peserta didik sudah mengikuti ujian tulis SBMPTN 2018 pada Mei lalu.

Seperti dilansir dari laman resminya, pengumuman hasil SBMPTN 2018 dapat diakses pada laman pengumuman.sbmptn.ac.id. Beberapa kampus negeri juga menyediakan link untuk mengakses pengumuman SBMPTN 2018, termasuk Institut Teknologi Bandung (ITB).

ITB merupakan perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia. Ia didirikan di Bandung pada 1920 dengan nama De Technische Hoogeschool te Bandung (THS Bandung). Pemerintah kolonial Belanda mendirikan THS Bandung karena membutuhkan tenaga ahli teknik di Hindia Belanda. Saat itu, Perang Dunia I baru saja usai. Mendatangkan tenaga ahli teknik dari Belanda merupakan hal yang sulit.

Para warga Hindia Belanda yang berkesempatan pun berbondong-bondong kuliah di THS Bandung. Salah satu dari mereka ialah Soekarno yang dicatat sebagai mahasiswa tahun akademik kedua THS Bandung. Soekarno terlibat aktif dalam pergerakan nasional dan kemudian menjadi presiden pertama Republik Indonesia. Selain Soekarno, ada satu lagi alumni kampus THS Bandung yang juga pernah menjabat presiden: Johan Manusama, presiden Republik Maluku Selatan.

Setelah Indonesia merdeka, THS Bandung berubah berturut-turut menjadi Sekolah Tinggi Teknik Bandung (1945-1946), Technische Faculteit, Nood-Universiteit van Nederlandsch Indie (1946-1947), Faculteit van Technische Wetenschap dan Faculteit der Exacte Wetenschap Universiteit van Indonesie te Bandoeng (1947-1950), dan Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam Universitas Indonesia Bandung (1950-1959). Pada 1959, ITB resmi didirikan.

Kini, ITB terdiri dari 12 fakultas sarjana plus 1 fakultas pasca sarjana. Kampus berlambang ganesha tersebut sekarang membuka 49 program sarja yang diajarkan di 3 lokasi kampus, yaitu di Bandung, Jatinangor, dan Cirebon.

Para peserta didik yang mendaftar ke ITB dapat mengetahui informasi hasil SBMPTN 2018 yang disuguhkan Tirto.id:


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2018 atau tulisan menarik lainnya Husein Abdulsalam
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Husein Abdulsalam
Editor: Husein Abdulsalam
DarkLight