Cegah Corona, KA Bandara Soetta Larang Penumpang Demam

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 15 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Penumpang dengan suhu minimal 38 derajat celsius dilarang naik kereta Bandara Soekarno Hatta untuk cegah Corona.
tirto.id - Operator Kereta Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Rilink melarang penumpang yang memiliki suhu tubuh 38 derajat untuk naik ke dalam gerbong per hari ini, Minggu (15/3/2020).

Humas PT Railink Diah Suryandari mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan tersebarnya virus Corona (COVID-19).

"PT Railink saat ini telah menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu badan bagi calon penumpang, yang terdapat di sekitar area Vending Machine atau Meja Informasi (POS) masing-masing stasiun," kata lewat rilis ke Tirto.

Ia mengatakan, jika pada saat pengecekan suhu badan ditemukan pada penumpang mencapai 38 derajat celcius atau lebih, maka sesuai rekomendasi petugas kesehatan, mereka dilarang menggunakan KA Bandara.

"Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket, PT Railink akan mengembalikan penuh biaya pemesanan tiket 100 persen. Tidak hanya itu, bagi penumpang batal berangkat yang membawa pendamping, maka tiket dapat dikembalikan penuh juga, untuk maksimal dua orang dalam satu kode booking dan berbeda kode booking," terang dia.

Antisipasi lain juga dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain menempatkan petugas pemeriksaan suhu badan pada calon penumpang KA Bandara, PT Railink juga sediakan hand sanitizer di sarana KA Bandara, vending machine dan area meja informasi (POS) masing-masing stasiun.

"Tidak hanya melakukan pencegahan lewat pengguna saja, namun kebersihan terhadap sarana dan fasilitas di stasiun pun selalu di jaga. PT Railink juga memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA Bandara dengan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus," jelas dia.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight