CdM SEA Games 2023: 87 Emas Indonesia Hasil Perjuangan Bersama

Reporter: Haris Prabowo, tirto.id - 22 Mei 2023 11:16 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kontingen Indonesia dalam SEA Games 2023 di Kamboja membawa 276 medali: 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.
tirto.id - Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim menyebut semua hasil yang diraih oleh para kontingen dalam ajang SEA Games di Kamboja adalah perjuangan bersama. Kontingen Indonesia dalam perhelatan olahraga tersebut membawa 276 medali: 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Lexy mengatakan semua yang pencapaian tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja tak lepas dari gotong royong. Ia juga mengapresiasi kerja sama semua pihak dalam meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air.

Selepas pulang dari Kamboja, semua kontingen akan kembali menjadi warga biasa yang telah menunaikan tugasnya sebagai atlet. Lexy mengatakan hal itu juga berlaku bagi tim dan staf yang menyertai para atlet.

"CdM dan tim kembali menjadi orang biasa, dan kami mohom kita semua tetap dapat saling bertegur sapa dengan ratusan kontingen Indonesia peserta SEA Games di tempat terbuka,” kata Lexy lewat keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Usai pulang dari Kamboja, pelatih dan staf lanjut lagi untuk menggembleng dan membina anak asuhnya.

Lexy mengaku sejak ditunjuk sebagai CdM pada 14 Februari 2023, ia langsung bergerak cepat menyiapkan koordinasi dan konsolidasi kepanitiaan, termasuk perencanaan tugas dan pokoknya sebagai CdM. Ia bercerita dalam waktu tiga bulan dirinya butuh untuk berkenalan dengan 599 patriot olahraga dan lebih dari 200 ofisial.

“Merupakan sebuah kebersamaan yang indah bisa berjuang bersama dengan keringat perjuangan kita semua," sambungnya.

Lexy juga memuji sikap ramah kontingen Indonesia selama berada di Kamboja. Pasalnya, kedatangan tim Indonesia tidak hanya mengejar medali, tapi juga ingin memberikan suatu yang berkesan bagi seluruh masyarakat Kamboja serta semua warga ASEAN.

"Saya menggarisbawahi bahwa kehadiran kita semua di Kamboja tidak hanya mengejar medali semata, namun memastikan bahwa setiap tindakan dan perbuatan kita di Kamboja adalah penuh arti, penuh makna, dan penuh manfaat," katanya.


Baca juga artikel terkait SEA GAMES 2023 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight