Catatan Najwa x TirtoID: Debat Pilpres 2019 Seharusnya Bisa Seru

Oleh: Rio Apinino - 17 Januari 2019
Debat Pilpres 2019 seharusnya seru. Tapi mungkin itu terganjal karena sudah ada kisi-kisi pertanyaan.
tirto.id - Najwa Shihab, presenter Catatan Najwa, berharap debat Pilpres 2019 yang diselenggarakan malam ini (17/1/2019) bisa berlangsung seru, tidak normatif, dan menampilkan hal-hal menarik.

Debat mungkin akan seru, kata Najwa, pada sesi 4 dan 5. Pada sesi ini masing-masing kandidat akan bertanya ke lawannya.

"Mungkin yang akan seru adalah di sesi saling bertanya. Karena itu [pertanyaannya] akan jadi kejutan, rahasia," kata Najwa dalam siaran langsung di Intiland Tower, Jakarta.

Debat ini dibagi ke dalam 6 sesi. Sesi pertama adalah penyampaian visi misi, sesi dua dan tiga tanya jawab dengan panelis, empat dan lima sesi tanya jawab masing-masing kandidat, dan terakhir sesi penutup.

Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas Feri Amsari berpendapat sebaliknya. Katanya, debat tak akan berlangsung sengit karena sudah ada kisi-kisi pertanyaan yang diberikan KPU.

"Seru kalau jadi gosip karena menilai gestur dan lain-lain. Tapi akan tidak seru karena pertanyaan sudah disampaikan. Kalau ujian sudah tahu soalnya," kata Feri.

"Yang seru kan bicara spesifik, tapi malah tidak boleh," tambahnya.

Khusus debat perdana Pilpres 2019, Catatan Najwa berkolaborasi dengan Tirto.id untuk memeriksa data dan fakta selama debat berlangsung.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Rio Apinino
(tirto.id - Politik)

Penulis: Rio Apinino

DarkLight