Cara Update Android 10 untuk Smartphone yang Mendukung

Oleh: Ibnu Azis - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara update Android 10 untuk smartphone yang mendukung bisa dilakukan pada menu Setting. Berikut ini panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Cara update Android 10 perlu diketahui bagi Anda yang ingin upgrade sistem operasi 'robot ijo' dari Pie ke Q. Sebelum melakukannya, cek dulu apakah ponsel Anda mendukung upgrade tersebut.

Android 10 semula bernama Android Q. Generasi ke-10 sistem operasi Android ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2019 saat Google menggelar konferensi pengembang tahunan, Google I/O.

Pemilik tiga generasi pertama Google Pixel, yaitu Pixel 3 (termasuk Pixel 3a), Pixel 2, dan Pixel, beruntung mencicipi lebih dahulu pembaruan tersebut saat itu. Lalu, Google menggulirkan Android 10 untuk perangkat yang terlibat saat tahap pengembangan (beta).

Mengenai sejumlah smartphone yang dimaksud, yaitu Essential Phone, Sony Xperia XZ3, Huawei Mate 20 Pro, Tecno Spark 3 Pro, LG G8, Vivo X27, Nokia 8.1, Vivo NEX S, OnePlus 6T, Vivo NEX A, Oppo Reno, Xiaomi Mi 9, Asus ZenFone 5Z, Realme 3 Pro, dan Xiaomi Mi MIX 3 5G.

Sementara untuk smartphone di luar yang telah disebutkan tergantung dari jadwal masing-masing manufaktur yang umumnya berbeda dengan manufaktur lainnya. Hal ini berkaitan dengan kesiapan masing-masing manufaktur, lantaran OS yang digunakan di perangkatnya tak 'murni' Android.


Cara Update Android 10


Adapun cara melakukan pembaruan Android 10 untuk perangkat yang mendukung, bisa dilakukan dengan masuk ke opsi System Update yang terletak di menu Setting. Caranya, pilih Setting > System > Advanced > System Update. Jika update Android 10 telah tersedia, maka perangkat akan mengunduh secara otomatis.

Selanjutnya, perangkat akan re-boot, atau mati dan menyala lagi, lalu menyelesaikan proses update. Tunggu proses itu hingga selesai atau yang ditampilkan dengan indikator sampai 100 persen. Ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan update Android 10.

Pertama, pakai jaringan WiFi lantaran data yang akan diunduh kapasitasnya cukup besar. Kuota data akan berkurang drastis bila menggunakan jaringan seluler. Kedua, pastikan daya baterai setidaknya masih tersedia 50 persen, lantaran proses update lumayan memakan waktu. Ponsel mati di tengah-tengah update bisa menimbulkan kerusakan software.

Android 10 merupakan nama baru penerus Android 9.0 Pie, yang semula dikenal sebagai Android Q. Google tak lagi memilih nama sandi Android dari nama makanan pencuci mulut lantaran dinilai asing untuk sebagaian kalangan.

"Misalnya, L [Lollipop] dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop dengan keras, tidak secara intuitif jelas bahwa itu merujuk ke versi setelah KitKat," penjelasan Google.


Baca juga artikel terkait ANDROID atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight