tirto.id - Pemerintah resmi memperluas aturan larangan mudik Lebaran, melalui merevisi Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.
Dalam aturan tersebut, pemerintah memperketat aturan perjalanan mulai dari 22 April sampai dengan 5 Mei 2021 pada saat pra-larangan mudik dan 18 Mei sampai 24 Mei ketika masuk masa setelah mudik. Sebelumnya, pemerintah juga telah mengeluarkan aturan larangan mudik pada 6 Mei sampai 17 Mei 2021.
Berdasarkan bunyi poin G pasal 13 Adendum SE Satgas COVID-19 13 tahun 2021 yang dilihat Tirto. "Berlaku ketentuan khusus pengetatan mobilitas Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) pada periode menjelang masa peniadaan mudik yang berlaku pada 22 April sampai dengan 5 Mei 2021 dan pasca masa peniadaan mudik yang berlaku pada 18 Mei sampai dengan 24 Mei 2021."
Bagi Anda yang akan bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara atau pesawat terbang dan ingin membatalkan atau mengubah jadwal perjalanan, berikut ini beberapa cara yang telah dirangkum Tirto.
Reschedule atau Ubah Jadwal
Lion Air
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu masuk ke laman https://www.lionair.co.id/kelola-pemesanan/ubah-jadwal, lalu masukkan Kode booking (PNR), nama depan, nama belakang, nomor penerbangan dan tanggal penerbangan (untuk pemesanan langsung ke Lion Air maupun melalui agen perjalanan).
Setelah itu pilih lanjut, dan anda akan diarahkan ke halaman berikut, dan ikuti langkah selanjutnya.
Tiket.com
- Log In ke akun tiket.com Anda. Jika Anda belum memilki akun, ketuk Profile dan Daftar menggunakan email yang Anda gunakan saat pemesanan.
- Lalu cari pesanan yang ingin Anda Reschedule. Ketuk ikon tiga titik dan pilih Reschedule.
- Atau tap pesanan yang ingin Anda Reschedule, setelah Anda melihat detailnya, ketuk Atur Pesanan lalu pilih Reschedule
- Baca Syarat & Ketentuan Reschedule lalu ketuk setuju untuk melanjutkan
- Pilih dan konfirmasi penumpang yang menginginkan Reschedule.
- Periksa dengan teliti rincian saldo Anda. Ketuk lanjutkan untuk pergi ke langkah berikutnya.
Traveloka
Untuk reschedule penerbangan Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pergi ke halaman awal Traveloka App Anda. Ketuk Pesanan dan pilih penerbangan yang ingin Anda ganti. Pada bagian Atur Pesanan, ketuk Reschedule. Ketuk Kebijakan untuk membaca Kebijakan Reschedule. Setelah itu, ketuk Ajukan Reschedule. Ketuk centang penerbangan dan nama penumpang, lalu ketuk Lanjutkan.
2. Baca Kebijakan Reschedule, ketuk centang pada Saya Menyetujui Kebijakan Reschedule, kemudian ketuk Lanjutkan. Penerbangan lama Anda tidak akan diganti sampai Anda melakukan pembayaran.
3. Isi asal, tujuan, tanggal perjalanan, dan kelas kursi pada kotak pencarian, kemudian ketuk Cari. Ketuk penerbangan yang Anda inginkan.
4. Cek detail penerbangan baru Anda, lalu ketuk Lanjutkan. Cek Rincian Harga pada Info Harga, kemudian ketuk Pilih.
Jika harga penerbangan baru Anda lebih tinggi dari penerbangan asli, Anda akan dikenakan selisih biayanya.
Jika harga penerbangan baru Anda lebih rendah dari penerbangan asli, maka surplus dana akan dikembalikan melalui metode pembayaran awal Anda. Misalnya, jika Anda bayar melalui transfer bank, surplus dana akan ditransfer kembali ke rekening bank Anda.
5. Ketuk Lanjutkan ke Pembayaran untuk menyelesaikan reschedule penerbangan Anda.
6. Temukan e-tiket baru Anda pada Pesanan dalam waktu maksimal 60 menit setelah pembayaran dikonfirmasi.
Sebagai informasi, Anda juga dapat mengajukan reschedule dengan menghubungi maskapai terkait.
Refund atau Pengembalian Dana
Tiket.com
Berikut ini cara mengajukan refund bagi pemesan yang membeli tiket di aplikasi Tiket.com:
- Buka aplikasi Tiket.com
- Di halaman utama klik My Order
- Klik pada tab "Pesawat" untuk memilih pesanan yang ingin dibatalkan Klik tiga titik di kanan atas dan pilih menu Refund
- Klik Lanjutkan
- Pilih alasan refund, klik Lanjutkan
- Periksa kembali detail penerbangan selanjutnya. Pada Syarat dan Ketentuan klik menyetujui dan klik Lanjutkan.
Status refund dapat dipantau melalui menu Pesanan Saya atau Daftar Refund yang akan terbagi menjadi beberapa tahap yakni Diajukan, Diterima, Dalam Proses, atau Selesai. Proses pengembalian dana akan diproses hingga 90 hari kerja.
Traveloka
Pengajuan refund tiket pesawat di aplikasi Traveloka hanya bisa dilakukan selama masa validitas tiket, dan ini berbeda-beda tiap maskapai.
Bagi pemesan tiket pesawat di Traveloka, dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan refund:
- Buka aplikasi Traveloka
- Dalam menu Pesanan buka e-tiket
- Klik tombol refund lalu ajukan refund
- Pilih item penerbangan yang ingin di refund dan juga alasan refund
- Isi detail transfer dan unggah dokumen refund
- Koreksi kembali data lalu klik Ajukan refund
- Status refund dapat dipantau melalui aplikasi melalui menu e-tiket atau dengan memilih menu
- Refund Saya di Akun Saya.
Editor: Agung DH