tirto.id - Toko digital Android, Google Play Store, punya konten berbayar serta sistem pembelian item di dalam aplikasi (in app-purchased), sebagai salah satu cara monetisasi developer. Pengguna bisa melakukan refund atau pengembalian dana bila diperlukan.
Sebagaimana dikutip dari laman Google Support, Selasa (26/5/2020), ada tiga cara refund yaitu melalui situs web Google Play, via Asisten Google, dan lewat developer. Google menyarankan memilih salah satu opsi itu.
Adapun pengembalian dana dilakukan bisa karena beberapa penyebab, di antaranya seperti pembelian yang tidak disengaja atau kecewa dengan aplikasi/item yang terlanjur dibeli. Bagi pengguna yang ingin melakukan refund, ada baiknya membaca kebijakan pengembalian dana terlebih dahulu di laman ini.
Dari tiga opsi yang disarankan oleh Google, meminta pengembalian dana langsung di situs web Play Store adalah cara paling praktis dibandingkan dua lainnya. Namun, ada dua hal yang wajib diketahui, yaitu sebagai berikut:
- Dalam waktu kurang dari 48 jam sejak Anda membeli aplikasi atau melakukan pembelian dalam aplikasi, Anda dapat meminta pengembalian dana melalui Google Play.
- Anda membeli musik, film, buku, atau konten lainnya, Anda dapat meminta pengembalian dana setelah lebih dari 48 jam.
Sementara keputusan untuk dilakukan refund atau tidak biasanya akan memakan waktu 15 menit. Akan tetapi prosesnya dapat memerlukan waktu hingga empat hari kerja. Caranya sebagai berikut:
- Di komputer, buka play.google.com/store/account.
- Klik Histori Pesanan.
- Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan.
- Pilih Minta pengembalian dana atau Laporkan masalah, lalu pilih opsi yang menjelaskan masalah Anda.
- Isi formulir dan sampaikan bahwa Anda menginginkan pengembalian dana.
- Anda akan mendapatkan pesan yang bertuliskan "Terima kasih telah menyampaikan masalah Anda". Lalu, Anda akan mendapatkan email tentang keputusan pengembalian dana. Biasanya, email akan diterima dalam waktu 15 menit, tetapi proses ini dapat memerlukan waktu hingga empat hari kerja.
Jika memiliki beberapa permintaan pengembalian dana, ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap produk yang Anda beli. Bila pesanan tidak ditemukan, Anda mungkin membelinya di akun Google lain.
Bagaimana dengan dua cara lainnya?
Untuk melakukan refund di Play Store melalui Asisten Google, Anda harus menggunakan Bahasa Inggris AS di perangkat. Sementara melalui developer kurang begitu disarankan lantaran lebih ke dukungan atas permasalahan terkait penggunaan aplikasi.
Namun, menghubungi developer juga sah saja asalkan mengusung masalah terkait itu, misalnya, item yang dibeli tidak terkirim atau tidak berfungsi. Developer juga dapat membantu terkait masalah pembelian dan dapat memproses pengembalian dana sesuai kebijakan.
Editor: Agung DH