Cara Pakai Fitur Screen Sharing di Facebook Messenger

Oleh: Nurul Azizah - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pengguna Facebook Messenger saat ini sudah bisa memanfaatkan fitur berbagi layar atau screen sharing.
tirto.id - Kebutuhan masyarakat terhadap aplikasi telekonferensi selama pandemi terus meningkat. Dua di antara penyedia layanan telekonferensi yang sering digunakan masyarakat adalah Zoom Meeting dan Google Meet.

Salah satu fitur yang sangat membantu dan sering dimanfaatkan oleh pengguna ketika mengakses Zoom Meeting dan Google Meet adalah screen sharing. Fitur ini bisa digunakan untuk menampilkan tampilan layar atau konten apa pun kepada peserta rapat.

Screen sharing sangat membantu pengguna yang hendak melakukan presentasi di forum online, menampilkan gambar, dan video dari layar terkini pengguna.

Seakan tidak ingin ketinggalan, Facebook Messenger kini juga menambahkan fitur screen sharing untuk para pengguna aplikasi ini di platform Android dan iOS. Jika pengguna mengakses Facebook Messenger lewat web atau desktop, fitu screen sharing akan tersedia di Messenger Rooms.

Pembaruan ini sudah muncul pada pertengahan Juli 2020. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan layar terkini saat panggilan interpersonal, obrolan grup atau pun komunikasi dengan jumlah orang yang lebih banyak.

Dikutip dari laman macpoin.com, sebenarnya Facebook Live sudah memiliki fitur screen sharing, tetapi proses penggunaannya membutuhkan aplikasi lain. Pengguna harus terlebih dulu menginstal aplikasi Open Broadcast ke perangkat. Namun, kini fitur screen sharing itu tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan.

Fitur screen sharing bermanfaat saat pengguna Facebook Messenger ingin melakukan presentasi atau menampilkan konten apa saja di hadapan peserta lain. Sebagaimana dilansir the verge, para pengguna Facebook Messenger bisa membagikan layar kepada delapan orang dalam obrolan grup hingga enam belas orang di ruang Messenger.

Untuk saat ini, fitur screen sharing Facebook Messenger masih dibatasi pada maksimal enam belas orang pengguna. Namun, Facebook menyatakan sedang melakukan pengembangan supaya fitur ini dapat diakses maksimal lima puluh orang dalam ruang Messenger.

Messenger juga melakukan upaya agar pengguna dapat menyaring dan membatasi akses screen sharing, sehingga bisa dilihat pengguna sendiri atau semua peserta obrolan.


Cara Aktifkan Screen Sharing di Facebook Messenger

Laman Messenger menginformasikan, fitur screen sharing tersedia untuk pengguna Android, iOS, dan dapat diakses pula melalui aplikasi desktop, dan Web Messenger.

Hal yang perlu dipastikan ketika akan mengaktifkan screen sharing adalah telah menginstal versi terbaru Messenger. Fitur ini dapat diaktifkan dalam panggilan video dan siaran langsung Facebook.

Berikut cara mengaktifkan fitur screen sharing dalam ruang obrolan video di Facebook:

1. Pertama, masuk ke akun Facebook seperti biasanya.
2. Mulai panggilan video.
3. Klik ikon pada tampilan layar.
4. Pilih opsi dengan ketuk bagikan layar.

Laman Facebook juga menjelaskan, fitur membagikan layar atau screen sharing hanya bisa diakses oleh perangkat pengguna yang mendukung berbagi layar. Ketika akan mengaktifkan screen sharing akan muncul beberapa pilihan, antara lain: satu layar penuh, satu jendela aplikasi, atau satu tab browser.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Addi M Idhom
DarkLight