Cara Mudah untuk Membuat Cuka Apel Sendiri di Rumah

Oleh: Yonada Nancy - 26 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pembuatannya cuka apel dengan memfermentasi potongan buah-buahan dalam larutan. Dari proses inilah biasanya dihasilkan rasa asam dan pahit cuka apel.
tirto.id - Selain digunakan untuk bahan perasa makanan, cuka apel juga berguna sebagai obat rumahan yang mudah didapat. Banyak ahli mengklaim bahwa cuka apel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, cuka apel dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, kadar kolesterol, gula darah, hingga gejala diabetes. Belum lagi kandungan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Cuka apel juga dikenal rendah kalori dengan rasa manis alami yang berasal dari buah apel itu sendiri. Tidak sulit menemukan cuka apel saat ini, karena sudah banyak dijual bebas dengan kisaran harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Tetapi, mengapa harus membeli jika bisa membuatnya sendiri di rumah?

Dilansir dari Grow Organic, cuka apel yang baik memiliki profil rasa 50 persen manis, 35 asam, dan 15 persen pahit. Rasa manis tentunya didapat dari kandungan gula alami dari apel, meskipun sebetulnya sah-sah saja membubuhkan sedikit gula.

Namun, jika ingin mengurangi kandungan gula, pemilihan apel yang memiliki kandungan rasa manis cukup membantu, seperti apel fuji, apel kuning (golden delicious), apel gala (red delicious), dan apel cortland.

Pembuatannya sendiri hampir sama seperti pembuatan alkohol, yakni dengan memfermentasi potongan buah-buahan dalam larutan. Dari proses inilah biasanya dihasilkan rasa asam dan pahit cuka apel.

Beberapa produk cuka apel dengan rasa asam yang lebih kuat biasanya menggunakan jenis apel yang asam, seperti apel hijau (granny smith), apel jonathan, dan apel pink lady.

Setelah menentukan jenis apel yang ingin digunakan, maka proses pembuatan cuka apel bisa dimulai. Berikut resep cuka apel yang berhasil dihimpun oleh Tirto.

Bahan:
  • Dua gelas apel yang sudah dikupas dan dibuang tengahnya
  • Satu sendok makan gula atau madu. Bahan ini opsional, bisa dikurangi atau ditambahkan
  • Tiga gelas air mineral
Cara membuat:
  1. Letakkan apel yang sudah dipotong-potong ke dalam toples bersih dan masukan air
  2. Tambahkan gula atau madu sebagai pemanis
  3. Tutup toples dengan kain lalu ikat dengan karet
  4. Biarkan toples berisi campuran apel dan air berada di tempat gelap selama tiga hingga empat minggu. Jangan lupa untuk mengaduk sesekali agar potongan-potongan apel bercampur
  5. Setelah tiga sampai empat minggu, tiriskan apel dari cairan rendaman. Apel yang sudah tidak digunakan lagi dapat dijadikan kompos.
  6. Air rendaman apel yang sudah ditiriskan didiamkan kembali selama tiga sampai dengan empat minggu.
  7. Ketika warna sudah lebih pekat, cuka apel sudah siap dikonsumsi

Baca juga artikel terkait CUKA APEL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight