Menuju konten utama

5 Cara Monetisasi Instagram, Tips, & Panduan Aktivasinya

Bagaimana cara monetisasi Instagram? Simak panduan lengkap cara mengaktifkan fitur monetisasi Instagram Reels, afiliasi, dan lainnya untuk hasil maksimal.

5 Cara Monetisasi Instagram, Tips, & Panduan Aktivasinya
Ilustrasi Pengguna Instagram. foto/IStockphoto

tirto.id - Cara monetisasi Instagram kini menjadi topik yang makin ramai diperbincangkan, terutama di kalangan content creator dan pebisnis online.

Pertanyaan tentang bagaimana cara monetisasi instagram memang menarik untuk dibahas. Apalagi Instagram memiliki fitur-fitur yang menarik dan terus berkembang.

Lalu, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Instagram, apakah kini pengguna Instagram bisa dibayar hanya dari views dan iklan seperti di YouTube? Apakah cukup posting reels, atau harus aktifkan fitur tertentu dulu?

Simak cara monetisasi IG, cara monetisasi Instagram reels, hingga cara mengaktifkan fitur monetisasi Instagram berikut.

Fitur Instagram Reels

Instagram Reels. (FOTO/instagram.com)

Apakah Instagram Bisa Dimonetisasi?

Monetize Instagram menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di era digital saat ini.

Pertanyaan terkait apakah Instagram bisa dimonetisasi? Jawabannya adalah iya, Instagram bisa dimonetisasi.

Lantas, bagaimana cara monetisasi Instagram? Instagram secara resmi menyediakan berbagai fitur monetisasi bagi para content creator, mulai dari Instagram Reels, badge, hingga konten bersponsor.

Dilansir dari situs resmi Meta, Meta for Creators, disebutkan bahwa kreator bisa monetize Instagram dengan beragam cara yang disesuaikan dengan jenis konten dan jumlah pengikut mereka.

Jadi, pengguna Instagram kini tidak lagi mengandalkan brand deals atau affiliate saja, tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari views reels dan live streaming dengan catatan memenuhi syarat dan ketentuan dari Meta.

Bagaimana Cara Monetisasi Konten Instagram?

Sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara mengaktifkan monetisasi Instagram, penting untuk mengetahui jenis-jenis monetisasi apa saja yang tersedia di Instagram. Berikut ini beberapa cara monetisasi IG yang bisa kamu coba:

1. Monetisasi Instagram Reels (Bonus Reels Program)

Ini adalah cara paling populer saat ini. Program ini memungkinkan kreator mendapatkan bonus berdasarkan performa Reels. Jadi, cara monetisasi Instagram Reels yaitu dengan membuat video Reels yang menarik dan konsisten agar bisa bergabung dalam program ini.

2. Branded Content / Endorsement

Banyak kreator mendapatkan penghasilan dari promosi produk brand. Di sini, kamu menggunakan label "Paid Partnership with..." untuk menunjukkan transparansi. Ini salah satu cara monetisasi IG yang paling umum.

3. Live Badges

Saat kamu live di Instagram, pengikut bisa membeli badge sebagai bentuk dukungan. Sehingga kreator dapat melihat siapa saja yang membeli badge dan berinteraksi dengan mereka. Hal ini tentunya dapat meningkatkan penghasilan tambahan kreator, terutama bagi kreator yang rutin melakukan live.

4. Affiliate Marketing

Kamu juga bisa monetize Instagram lewat program afiliasi. Produk yang kamu promosikan akan memberikan komisi ketika terjadi penjualan melalui link kamu. Semakin banyak link yang di-klik, kemungkinan penghasilan tambahanmu dari affiliasi juga semakin besar.

5. Subscriptions (Langganan Konten)

Instagram juga telah merilis fitur Subscription, yang memungkinkan kamu menawarkan konten eksklusif kepada pengikut dengan biaya bulanan. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat membagikan konten eksklusif hanya untuk followermu yang melakukan subscription.

Dengan berbagai cara monetisasi Instagram tersebut, kamu dapat memilih strategi yang cocok dengan jenis konten dan niche akun Instagram yang kamu miliki.

Panduan dan Cara Mengaktifkan Monetisasi di Instagram

Dilansir dari Pusat Bantuan resmi Instagram, monetisasi iklan di kabar profil (feed) Instagram dan Reels sedang tahap pengujian dan sayangnya hanya tersedia bagi sekelompok akun tertentu.

Iklan di feed Instagram akan muncul dalam tampilan feed profil Instagram. Ketika orang-orang menjelajahi konten di feed profil seseorang, mereka akan melihat iklan di antara konten-konten tersebut.

Selain itu, sebelum mengaktifkan fitur monetisasi IG ini, pastikan akunmu adalah akun Profesional (Creator atau Business) dan mematuhi kebijakan monetisasi dari Meta.

Berikut ini persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk monetisasi Instagram Reels:

  1. Akun harus beralih ke Akun Kreator atau Bisnis
  2. Akun harus lulus dan tetap mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra Instagram dan tidak melanggar kebijakan komunitas
  3. Berusia minimal 18 tahun
  4. Harus berada di Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, atau Kanada
Jika kamu memenuhi syarat untuk monetisasi IG tersebut, kamu akan menerima undangan email dan notifikasi dalam aplikasi akun Instagram-mu.

Setelah itu, kamu tinggal mengaktifkan fitur monetisasi Instagram dengan menyetujui semua Ketentuan Penggunaan dari Instagram.

Berikut ini langkah selanjutnya bagaimana cara monetisasi Instagram reels yang dilansir dari Pusat Bantuan resmi Instagram:

1. Buka halaman Info bisnis. Informasi ini akan digunakan untuk menyiapkan profil Anda dan melaporkan pajak.

  • Jika sudah punya profil bisnis, Anda bisa memilih akun yang ada, lalu mengetuk Berikutnya.
  • Anda juga bisa menyiapkan akun dengan mengetuk Tambahkan info bisnis baru.
2. Selanjutnya, siapkan akun pembayaran Anda.

  • Jika sudah punya akun pembayaran, pilih metode pembayaran dan ketuk Konfirmasi metode pembayaran.
  • Anda juga bisa menyiapkan akun pembayaran baru dengan mengetuk Tambahkan metode pembayaran.
3. Di halaman Iklan di beranda profil, tetap aktifkan Monetisasi iklan di beranda profil, lalu ketuk Lanjutkan.

4. Di halaman berikutnya, klik Selesai.

Ilustrasi Aplikasi Instagram

Ilustrasi Aplikasi Instagram. FOTO/iStrockphoto

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Monetisasi Instagram

Setelah mengetahui cara monetisasi Instagram, kini saatnya kamu mempelajari hal-hal penting terkait fitur monetisasi IG ini.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat monetisasi Instagram, yaitu:

Konsistensi Konten

Instagram mengutamakan kreator yang aktif dan konsisten memposting konten orisinal, terutama Reels dan Stories. Rutin memposting setiap hari, meskipun hanya 1 atau 2 konten bisa jadi lebih baik daripada memposting banyak konten hanya di satu waktu.

Hindari Pelanggaran Hak Cipta

Lagu, video, atau gambar yang bukan milikmu bisa membatalkan kelayakan monetisasi. Sebaiknya gunakan konten orisinal hasil karyamu sendiri ya!

Gunakan Insight

Pantau performa konten kamu menggunakan fitur Insight agar kamu tahu mana yang paling menghasilkan. Fokus dengan keunggulan yang kamu punya untuk meningkatkan performa akunmu.

Berinteraksi dengan Followers

Selalu aktif berinteraksi dengan followers dapat meningkatkan engagement akunmu lho. Engagement sangat berpengaruh terhadap kelayakan dan performa monetisasi. Balas komentar dan DM secara aktif.

Pahami Kebijakan Monetisasi Meta

Pengguna Instagram harus mengikuti kebijakan yang telah diatur oleh Meta. Hindari spam, ujaran kebencian, dan konten sensitif yang bisa membuat akunmu terkena penalti.

Gunakan Hashtag dan Strategi SEO Instagram

Mengguankan hashtag dan SEO penting agar kontenmu menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi tayangan.

Cara monetisasi Instagram tidak lagi hanya untuk akun besar atau selebgram. Kini siapa saja bisa monetize Instagram asal tahu jalurnya, mulai dari Reels, affiliate, hingga brand partnership.

Dengan memahami cara mengaktifkan fitur monetisasi Instagram, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari konten yang kamu buat setiap hari.

Jadi, apakah kamu siap mengoptimalkan Instagram bukan cuma untuk eksis, tapi juga menghasilkan?

Baca juga artikel terkait IKLAN INSTAGRAM atau tulisan lainnya dari Robiatul Kamelia

tirto.id - Byte
Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Robiatul Kamelia & Yulaika Ramadhani