Cara Merekam Panggilan WhatsApp (WA) Pakai Aplikasi Call Recorder

Oleh: Devi Putri Aji - 20 November 2020
Meski panggilan WhatsApp (WA) punya kualitas audio jernih, perekaman panggilan secara default belum didukung aplikasi ini.
tirto.id - WhatsApp (WA) tak hanya dipakai untuk komunikasi pribadi tapi juga bisnis. Kadang panggilan penting perlu direkam untuk kepentingan tertentu.

WhatsApp memang memiliki fitur panggilan dengan kualitas audio jernih, tapi belum mendukung perekaman panggilan secara default. Untuk melakukan itu dibutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang mendukungnya adalah Call Recorder – Cube ACR yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini punya fitur lengkap dan cukup populer lantaran telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Call Recorder – Cube ACR juga menuai respons positif dari pengguna Android di Google Play Store dengan menerima rata-rata 4,3/5 bintang dari lebih dari 506 ribu pengguna.


Dalam diskripsi di Google Play Store, Call Recorder – Cube ACR mendukung ragam perekaman panggilan tak hanya WhatsApp, tapi juga Skype, Viber, Hangouts, Facebook, WeChat, dan masih banyak lagi.

Berikut cara merekam panggilan WhatsApp pakai Call Recorder – Cube ACR, sebagaimana dikutip dari laman Androidguys:

  1. Unduh dan instal aplikasi Call Recorder - Cube ACR dari Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi diinstal di ponsel, buka lalu berikan ijin pada aplikasi agar dapat mengakses kontak, audio, dan hal lain yang dibutuhkan.
  3. Saat memulai panggilan atau menerima panggilan, widget Call Recorder - Cube ACR akan secara otomatis muncul di layar.
  4. Ketuk ikon mikrofon untuk memulai merekam atau berhenti merekam.
  5. Selesai.

Setelah selesai merekam panggilan WhatsApp, audio hasil perekaman bisa ditemukan di aplikasi atau dengan membuka File Manager. Berkas audio tersimpan di folder Call Recorder - Cube ACR di penyimpanan internal.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Devi Putri Aji
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Devi Putri Aji
Penulis: Devi Putri Aji
Editor: Ibnu Azis
DarkLight