Cara Menghapus Akun Twitter Permanen Melalui Desktop, iOS, Android

Oleh: Rachma Dania - 16 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Langkah menghapus akun twitter Anda
tirto.id - Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup besar dan memiliki banyak pengguna. Saat ini, Twitter telah memiliki 126 juta pengguna aktif harian.

Akan tetapi bagi sebagian orang media sosial seperti Twitter bisa jadi hal yang menyenangkan dan menarik. Ada juga yang menganggap media sosial sebagai tempat yang penuh dengan kebencian, berita bohong, dan justru menambah beban pikiran. Sehingga bagi sebagian orang menyatakan pilihan menghapus akun terkadang menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berbagai alasan pribadi bisa menjadi alasan seseorang untuk menghapus akun twitter. Pilihan untuk mendeactive account yang ada di pengaturan Twitter hanya berfungsi untuk sementara. Seseorang bisa mengaktifkan kembali akun twitter tersebut dengan kembali log ini dengan username dan password twitter yang sudah dihapus tersebut.

Dilansir laman resminya, berikut langkah-langkah menghapus akun twitter Anda:

Menghapus Akun Twitter melalui Desktop:

· Klik pada Pengaturan dan privasi dari menu menurun di bawah ikon profil Anda.
· Dari tab Akun, klik pada Nonaktifkan akun Anda di bagian bawah halaman.
· Baca informasi penonaktifan akun, lalu klik Nonaktifkan @namapengguna.
· Masukkan kata sandi saat diminta dan konfirmasikan bahwa Anda ingin melanjutkan dengan mengeklik tombol Nonaktifkan akun Anda.


Menghapus akun twitter tidak hanya bisa dilakukan lewat desktop. Penghapusan juga bisa melewati aplikasi twitter pada android maupun Ios berikut cara-caranya:

Menghapus Akun Twitter dari android:
· Masuk ke dalam ikon profil pada aplikasi twitter for android
· Pencet menu setting dan privacy lalu lanjutkan dengan pencet menu akun/account
· Pilih deactive pada opsi akun dan pencet deactive
· Tuliskan password bila diminta dan lanjutkan deactive


Menghapus Akun Twitter dari iOS:

· Pencet profile dalam twitter untuk iOS
· Pilih setting dan privacy lalu pencet pilihan akun/ account
· Pencet deactivate account
· Tuliskan password bila diminta dan lanjutkan deactivate.


Hal yang perlu diperhatikan:
  1. Untuk mengubah nama pengguna dan alamat email tidak perlu menghapus akun. Pengguna bisa mengubahnya kapan pun di pengaturan akun.
  2. Pihak twitter tidak mengontrol konten yang diindeks oleh mesin pencari seperti Google atau Bing. Sehingga bisa jadi konten dari profil Twitter Anda bisa saja tetap tersedia di internet.
  3. Bila dinonaktifkan, akun Twitter Anda, termasuk nama tampilan, nama pengguna, dan profil publik, tidak akan lagi dapat dilihat di twitter.com, Twitter untuk iOS, dan Twitter untuk Android.
  4. Untuk menghapus akun twitter secara permanen, setelah melalui langkah-langkah penghapusan di atas, pastikan Anda tidak membuka akun Twitter tersebut sama sekali menggunakan media apapun dalam durasi 30 hari.
  5. Setelah melewati 30 hari, Twitter akan secara otomatis menghapus seluruh data mengenai akun Anda dari dalam sistem. Penghapusan ini terjadi dalam rentang satu pekan, sebelum seluruh data benar-benar hilang.


Baca juga artikel terkait TWITTER atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Rachma Dania
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Rachma Dania
DarkLight