Cara Mengetahui Posisi Seseorang Menggunakan Hp Android

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 24 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Selain mengetahui lokasi anggota keluarga yang terpisah, melacak perangkat juga bermanfaat untuk mencari hp yang hilang.
tirto.id - Di era modern saat ini, pemilik smartphone Android dimungkinkan mengakses informasi apa saja melalui perangkatnya. Tak hanya itu, mereka juga dapat melacak lokasi seseorang memanfaatkan aplikasi tertentu. Fitur semacam ini sangat bermanfaat untuk mengetahui lokasi anggota keluarga atau orang terdekat yang terpisah saat tersesat di wilayah baru.

Selain itu, fitur tersebut juga berguna untuk mencari perangkat yang hilang lantaran dicuri, terjatuh, lupa meletakkan, atau ketinggalan di suatu tempat. Ada beberapa cara mengetahui posisi seseorang melalui hp Android, dengan memanfaatkan aplikasi buatan pihak ketiga atau fasilitas keamanan yang sudah tertanam di sistem operasi.

Find My Device

Fitur ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui posisi seseorang atau perangkat Android yang hilang dan tak membutuhkan langkah tertentu, lantaran Find My Device sudah terintegrasi di sistem operasi.

Ada beberapa syarat agar fasilitas Find My Device ini dapat berjalan dengan baik, seperti dikutip dari laman Support Google, Kamis (24/1/2019), yakni sebagai berikut ini.

  • Perangkat dalam kondisi aktif
  • Perangkat terhubung dengan akun Google
  • Terhubung dengan data seluler atau Wi-Fi
  • Terlihat di Google Play
  • Location Service dalam kondisi aktif
  • Fitur Find My Device telah diaktifkan

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, pemilik ponsel dapat melakukan pelacakan dengan mengunjungi alamat android.com/find dan memasukkan akun Google yang digunakan di perangkat terpilih. Setelah itu lokasi ponsel akan ditampilkan di peta.


WhatsApp Share Location

Sebagai layanan pesan instan populer di perangkat Android, aplikasi ini juga memiliki fitur bermanfaat untuk mengetahui lokasi seseorang--dengan izin yang bersangkutan--melalui Share Location.

Fitur tersebut sangat bermanfaat saat terpisah dari teman atau keluarga di lokasi baru. Pengguna cukup meminta saudara atau temannya yang terpisah untuk berbagi lokasi melalui WhatsApp.

Cara menggunakan fitur Share Location, seturut laman FAQ WhatsApp, yakni sebagai berikut ini.

  1. Buka WhatsApp dan pilih percakapan pada orang yang dituju
  2. Tap ikon klip atau attachment, pilih Location
  3. Pilih Share Live Location
  4. Atur durasi Share Live Location, kemudian kirim
  5. Setelah dikirim, maka lokasi akan terpantau secara live sehingga memudahkan pencarian

Sekadar catatan, dalam menggunakan dua cara di atas pastikan untuk mengaktifkan fitur lokasi. Selain itu, jaringan harus stabil, baik itu Wi-Fi maupun seluler. Jika tidak, maka ada risiko bila lokasi perangkat yang dicari atau dibagikan tidak akurat.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight