Menuju konten utama

Cara Mendaftar Internet Banking BRI Melalui Bank dan ATM

Berikut cara mendaftar Internet Banking BRI

Cara Mendaftar Internet Banking BRI Melalui Bank dan ATM
logo bank bri. foto/bri.co.id

tirto.id - Layanan Internet Banking bagi beberapa nasabah merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka memudahkan tindakan non tunai, mulai dari mengecek saldo, membayar rekening listrik, mutasi rekening hingga transfer antar rekening sesama BRI maupun rekening antar bank melalui gawai yang terkoneksi dengan internet.

Untuk nasabah Bank BRI, layanan Internet Banking ini bukan merupakan layanan bawaan yang bisa langsung digunakan, melainkan harus dilakukan pendafftaran dan aktivasi terlebih dahulu sebelum bisa merasakan layanan ini.

Berikut cara mendaftar Internet Banking BRI sebagaimana dilansir dari laman resminya:

1. Pendaftaran lewat kantor cabang BRI

Untuk melakukan pendaftaran langsung di kantor cabang BRI terdekat, berikut beberapa syarat yang harus dibawa:

  • Buku tabungan BRI, seperti Britama, Britama Junio, Simpedes, atau Giro (Perseorangan) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif.
  • Kartu identitas diri seperti: KTP, SIM, Passpor, KIMS/KITAS Ponsel.
  • Ponsel untuk aktivasi harus menggunakan kartu SIM yang telah bekerja sama dengan BRI; yakni Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Email yang aktif dan sering digunakan, untuk menerima email notifikasi Internet Banking BRI.
Jika semua persyaratan di atas telah Anda penuhi, Anda bisa melakukan pendaftaran BRI Internet Banking di customer service di KCP BRI. Dalam proses pendaftaran ini, Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran.

Pastikan Anda mengisi setiap kolom dengan benar, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar. Jika proses pendaftaran sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan m-Token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut.

2. Pendaftaran lewat ATM

Langkah mendaftar internet banking BRI di mesin ATM, antara lain:

  • Masukkan kartu ATM BRIKetik PIN ATM AndaPilih menu lainnya, lalu pilih menu "Internet Banking"
  • Anda akan diminta memasukkan kata sandi untuk akun Internet Banking
  • Untuk konfirmasi, ulangi ketik kata sandi yang sama
  • Anda akan mendapatkan User ID Internet Banking
  • Setelah selesai, Anda akan mendapat struk yang berisi User ID dan password akun internet banking BRI.
Meski sudah mendapat User ID dan kata sandi akun Internet Banking BRI, anda tetap harus melakukan verifikasi maupun aktivasi di kantor cabang BRI di terdekat di kota anda, serta mendapatkan m-Token sebagai pengamanan tambahan untuk akun anda.

Jika anda telah melakukan pendaftaran baik melalui kantor cabang BRI atau malalui ATM BRI, Anda sudah berhasil mendaftarkan akun anda dalam layanan Internet Banking BRI. Namun, sebelum mengakses Internet Banking BRI anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Cara Melakukan Aktivasi BRI Internet Banking

Setelah pendaftaran berhasil, selanjutnya melakukan aktivasi. Langkahnya:

  1. Buka situs https://ib.bri.co.id
  2. Masukkan User ID dan kata sandi, serta kode captcha untuk validasi
  3. Setelah itu masuk ke halaman syarat dan ketentuan, dan klik "setuju"
  4. Selanjutnya diminta ubah kata sandiakunInternet Banking BRI dan masukkan email aktif
  5. Selesai dan akunInternet BankingBRI Anda sudah bisa digunakan.
Registrasi dan Aktivasi m-Token BRI

Untuk menggunakan layanan BRI internet banking secara maksimal, maka Anda harus aktivasi m-Token BRI sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password, dan ubah alamat email. Anda bisa melakukan registrasi m-Token dengan:

  1. Datang ke KCP BRI terdekat.
  2. Mengisi form pendaftaran nomor handphone untuk m-Token Internet Banking, dengan membawa kartu ATM/Buku Tabungan dan kartu tanda pengenal.
  3. Setelah proses selesai, nasabah menerima SMS berisi nomor aktivasi m-Token
Setelah melakukan registrasi m-Token, lakukan aktivasi m-Token dengan cara sebagai berikut:

  1. Login ke Internet Banking BRI, kemudian masuk ke menu “Layanan Nasabah”
  2. Pilih “Aktivasi mToken”
  3. Lalu cek apakah Nomor Aktivasi di layar Internet Banking sama dengan nomor aktivasi pada SMS.
  4. Masukkan nomor aktivasi m-Token, dan klik “Kirim”
  5. Catatan: menu “Aktivasi m-Token akan muncul jika nasabah sudah sukses melakukan registrasi m-Token.
Apabila nasabah menjumpai hal-hal yang mencurigakan atau membutuhkan bantuan, dapat menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau (021) 5000-17.

Baca juga artikel terkait INTERNET BANKING atau tulisan lainnya dari Yulaika Ramadhani

tirto.id - Ekonomi
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH