tirto.id - Layanan Internet Banking bagi beberapa nasabah merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka memudahkan tindakan non tunai, mulai dari mengecek saldo, membayar rekening listrik, mutasi rekening hingga transfer antar rekening sesama BRI maupun rekening antar bank melalui gawai yang terkoneksi dengan internet.
Untuk nasabah Bank BRI, layanan Internet Banking ini bukan merupakan layanan bawaan yang bisa langsung digunakan, melainkan harus dilakukan pendafftaran dan aktivasi terlebih dahulu sebelum bisa merasakan layanan ini.
Berikut cara mendaftar Internet Banking BRI sebagaimana dilansir dari laman resminya:
1. Pendaftaran lewat kantor cabang BRI
Untuk melakukan pendaftaran langsung di kantor cabang BRI terdekat, berikut beberapa syarat yang harus dibawa:
- Buku tabungan BRI, seperti Britama, Britama Junio, Simpedes, atau Giro (Perseorangan) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif.
- Kartu identitas diri seperti: KTP, SIM, Passpor, KIMS/KITAS Ponsel.
- Ponsel untuk aktivasi harus menggunakan kartu SIM yang telah bekerja sama dengan BRI; yakni Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
- Email yang aktif dan sering digunakan, untuk menerima email notifikasi Internet Banking BRI.
Pastikan Anda mengisi setiap kolom dengan benar, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar. Jika proses pendaftaran sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan m-Token dan harus melakukan aktivasi layanan tersebut.
2. Pendaftaran lewat ATM
Langkah mendaftar internet banking BRI di mesin ATM, antara lain:
- Masukkan kartu ATM BRIKetik PIN ATM AndaPilih menu lainnya, lalu pilih menu "Internet Banking"
- Anda akan diminta memasukkan kata sandi untuk akun Internet Banking
- Untuk konfirmasi, ulangi ketik kata sandi yang sama
- Anda akan mendapatkan User ID Internet Banking
- Setelah selesai, Anda akan mendapat struk yang berisi User ID dan password akun internet banking BRI.
Jika anda telah melakukan pendaftaran baik melalui kantor cabang BRI atau malalui ATM BRI, Anda sudah berhasil mendaftarkan akun anda dalam layanan Internet Banking BRI. Namun, sebelum mengakses Internet Banking BRI anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.
Cara Melakukan Aktivasi BRI Internet Banking
Setelah pendaftaran berhasil, selanjutnya melakukan aktivasi. Langkahnya:
- Buka situs https://ib.bri.co.id
- Masukkan User ID dan kata sandi,serta kode captcha untuk validasi
- Setelah itu masuk ke halaman syarat dan ketentuan, dan klik "setuju"
- Selanjutnya diminta ubah kata sandiakunInternet Banking BRI dan masukkan email aktif
- Selesai dan akunInternet BankingBRI Anda sudah bisa digunakan.
Untuk menggunakan layanan BRI internet banking secara maksimal, maka Anda harus aktivasi m-Token BRI sebagai pengaman tambahan yang dibutuhkan pada setiap transaksi keuangan (transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian), ubah password, dan ubah alamat email. Anda bisa melakukan registrasi m-Token dengan:
- Datang ke KCP BRI terdekat.
- Mengisi form pendaftaran nomor handphone untuk m-Token Internet Banking, dengan membawa kartu ATM/Buku Tabungan dan kartu tanda pengenal.
- Setelah proses selesai, nasabah menerima SMS berisi nomor aktivasi m-Token
- Login ke Internet Banking BRI, kemudian masuk ke menu “Layanan Nasabah”
- Pilih “Aktivasi mToken”
- Lalu cek apakah Nomor Aktivasi di layar Internet Banking sama dengan nomor aktivasi pada SMS.
- Masukkan nomor aktivasi m-Token, dan klik “Kirim”
- Catatan: menu “Aktivasi m-Token akan muncul jika nasabah sudah sukses melakukan registrasi m-Token.
Editor: Agung DH