Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja Lewat GoPay

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Agar cara mencairkan insentif prakerja lewat GoPay berhasil, pastikan akun GoPay telah terverifikasi jadi GoPay Plus. Berikut ini panduan dan penjelasannya.
tirto.id - Cara mencairkan dana Prakerja lewat GoPay perlu diketahui bagi Anda peserta program Prakerja. Sebelum mengetahui cara mencairkan insentif prakerja lewat GoPay, pastikan akun GoPay telah terverifikasi menjadi GoPay Plus.

GoPay menjadi salah satu aplikasi pembayaran digital yang menjadi mitra pembayaran Program Kartu Prakerja. Para peserta program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut dapat menerima dana insentif melalui GoPay untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dana insentif yang diberikan berupa insentif pasca-pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, dan insentif pasca-survei sebesar Rp150 ribu untuk 3x survei.

Cara Mengubah Akun GoPay Menjadi GoPay Plus


Bagi para peserta Program Kartu Prakerja yang juga mitra dan rekan usaha Gojek, dapat menggunakan alamat email dan nomor ponsel yang terdaftar di Gojek saat mendaftar program tersebut. Pastikan pula, akun GoPay telah terverifikasi menjadi GoPay Plus untuk menerima insentif melalui GoPay sebagaimana melansir Gojek.

Apabila belum, Anda dapat mengikuti langkah sebagai berikut untuk mengubahnya menjadi akun GoPay Plus:

  1. Buka aplikasi Gojek di ponsel Anda, lalu ketik menu “Lainnya” pada deretan menu GoPay di bagian atas.
  2. Selanjutnya, akan muncul berbagai menu GoPay dan banner “Upgrade ke GoPay Plus Gratis”. Ketuk banner tersebut.
  3. Siapkan KTP, lalu klik “Upgrade Sekarang”
  4. Ikuti langkah selanjutnya. Nantinya, Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto diri Anda memegang KTP.
  5. Tunggu hingga GoPay Anda telah terverifikasi menjadi GoPay Plus.

Cara Mencairkan Dana Prakerja Lewat Gopay


Ketika Anda telah dinyatakan lolos seleksi Program Kartu Prakerja, Anda akan diminta memilih platform yang Anda inginkan untuk pengiriman insentif bantuan Program Kartu Prakerja, pilih GoPay.

Selanjutnya, masukkan nomor yang sama yang terdaftar pada aplikasi Gojek. Ketika program pelatihan yang telah dipilih sudah selesai, Anda akan mendapatkan bantuan insentif pada GoPay Anda.

Sementara itu, Anda perlu menambahkan akun bank untuk mengirimkan uang dari GoPay Anda menuju rekening bank. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Gojek
  2. Klik menu “Bayar” pada menu Gopay di aplikasi Gojek
  3. Pilih “Transfer instan ke rekening baru”, lalu pilih bank tujuan
  4. Masukkan nomor rekening bank Anda.
  5. Klik “Verifikasi”, lalu akan muncul secara otomatis pemilik nomor rekening yang Anda masukkan. Klik “Lanjut”.
  6. Masukkan jumlah nominal saldo yang akan dikirimkan. Pastikan jumlah nominal pengiriman saldo sudah benar. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN.
  7. Jika saldo telah terkirim, Anda akan melihat rincian transfer yang telah dilakukan.

Untuk setiap pengiriman saldo GoPay, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500.

Selain mendapatkan biaya pelatihan dan insentif bantuan tersebut, para peserta Program Kartu Prakerja juga akan mendapatkan sertifikat. Untuk mendaftar pada program pemerintah tersebut, Anda harus memenuhi syarat yakni: WNI, berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Bila Anda memenuhi syarat tersebut, Anda dapat mendaftarkan diri di laman prakerja.go.id. Selanjutnya, Anda diharuskan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki setiap peserta.

Langkah selanjutnya, Anda dapat mengikuti dan menyelesaikan pelatihan apapun yang diinginkan. Saat ini, Program Kartu Prakerja telah bekerja sama dengan mitra platform digital Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir, sebagai mitra pelatihan peserta.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight