tirto.id - Tanda tangan digital atau ID, lebih dikenal dengan istilah sertifikat digital. Tanda tangan digital tersebut sering digunakan untuk menandatangani dokumen Office secara digital.
Sementara itu, seritifikat digital tersebut pada umumnya diterbitkan oleh otoritas sertifikat (CA), yang merupakan pihak ketiga terpercaya untuk kemudian digunakan oleh orang lain.
Menurut Microsoft, terdapat dua layanan perusahaan yang dapat menerbitkan ID digital untuk pengguna, yakni Global Sign dan IdenTrust.
Di kedua situs tersebut, pengguna diharuskan membayar untuk mendapatkan tanda tangan digital yang dapat mengamankan email.
Situs IdenTrust membanderol ID digital mulai dari 15 dolar AS, sementara Global Sign mematok harga mulai dari 59 dolar AS.
Sementara itu, pengguna juga dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut seperti dilansir dari Microsoft:
- Windows 7, Windows Vista, atau Windows XP
1. Klik ‘Mulai’ lalu pilih ‘Semua Program’. Selanjutnya, pilih ‘Microsoft Office’ lalu klik ‘Microsoft Office Tools’.
2. Pilih ‘Sertifikat Digital untuk Proyek VBA’, lalu kotak ‘Buat Sertifikat Digital’ akan muncul.
3. Ketikkan nama deskriptif untuk sertifikat di dalam kotak ‘Nama Sertifikat Anda’.
4. Klik ‘OK’
5. Bila pesan 'SelfCert Berhasil' muncul, klik ‘OK’
6. Selanjutnya untuk menampilkan sertifikat dalam penyimpanan Sertifikat Pribadi, lakukan hal berikut:
- Buka InternetExplorer
- Pada menu ‘Alat’, klik ‘Opsi Internet’, lalu klik tab ‘Konten’.
- Klik ‘Sertifikat’, klik tab ‘Pribadi’.
- Windows 8
1. Masuk ke C:Program FilesMicrosoft Office
2. Klik SelfCert.exe, lalu klik Buat Sertifikat Digital akan muncul
3. Ketikkan nama deskriptif untuk sertifikat di dalam kotak Nama Sertifikat Anda
4. Klik ‘OK’
5. Bila pesan SelfCert Berhasil muncul, klik ‘OK’
6. Selanjutnya untuk menampilkan sertifikat dalam penyimpanan Sertifikat Pribadi, lakukan hal berikut:
- Buka InternetExplorer
- Pada menu ‘Alat’, klik ‘Opsi Internet’, lalu klik tab ‘Konten’.
- Klik ‘Sertifikat’, klik tab ‘Pribadi’.
- Windows 10
1. Masuk ke C:Program File (x86)Microsoft Officeroot (atau C:Program FilesMicrosoft OfficerootOffice16 jika Anda menjalankan Office versi 64-bit)
2. Klik SelfCert.exe, lalu klik Buat Sertifikat Digital akan muncul
3. Ketikkan nama deskriptif untuk sertifikat di dalam kotak Nama Sertifikat Anda
4. Klik ‘OK’
5. Bila pesan SelfCert Berhasil muncul, klik ‘OK’
6. Selanjutnya untuk menampilkan sertifikat dalam penyimpanan Sertifikat Pribadi, lakukan hal berikut:
- Buka InternetExplorer
- Pada menu ‘Alat’, klik ‘Opsi Internet’, lalu klik tab ‘Konten’.
- Klik ‘Sertifikat’, klik tab ‘Pribadi’.
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Dhita Koesno