Cara Isi Survei Lingkungan Belajar Kemdikbud 7-18 Februari 2022

Penulis: Yantina Debora - 7 Feb 2022 12:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link dan cara isi Survei Lingkungan Belajar 7-18 Februari 2022 dalam rangka evaluasi hasil pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021.
tirto.id - Kepala satuan pendidikan dan pendidik diimbau untuk mengisi Survei Lingkungan Belajar di website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mulai 7-18 Februari 2022.

Hal ini dilkukan dalam rangka evaluasi hasil pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek akan melakukan verifikasi data hasil pelaksanaan ANBK 2021 pada satuan pendidikan.

Verifikasi data ANBK tahun 2021 disesuaikan dengan rujukan dari Surat BSKP Nomor 0047/H4/PG.00.02/2022 tanggal 28 Januari 2022 tentang Verifikasi Data ANBK 2021.

Terdapat dua poin penting yang harus dilakukan yakni, pertama, melakukan verifikasi data keikutsertaan asesmen nasional pada tahun 2021 melalui lama https://anbk.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password masing-masing satuan pendidikan yang meliputi:

  • Verifikasi data peserta didik pada menu Konfirmasi Peserta Didik;
  • Verifikasi data kepala satuan pendidikan dan pendidik pada menu Konfirmasi Kepsek & Pendidik.

Kedua, melengkapi data asesmen nasional dengan mengunggah data peserta didik sesuai petunjuk pada laman ANBK.Akses untuk mengunggah data akan dibuka mulai 31 Januari - 12 Februari 2022.

Tim pusat akan menghubungi satuan pendidikan yang mengalami kesulitan dalam mengunggah data respons peserta didik.

Selanjutnya mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar bagi kepala satuan pendidikan dan pendidik yang belum lengkap mengisi atau belum mengisi pada laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Satuan pendidikan dan pendidik diberi waktu untuk mengisi Survei Lingkungan Belajar mulai 7 - 18 Februari 2022.

Link dan Cara Isi Survei Lingkungan Belajar


Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login SLB di portal https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

Kartu login didapatkan dari proktor atau operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard SLB.

Halaman dashboard SLB dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/.

Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan.

Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan.

Setelah berhasil login, silahkan mengisi data di bawah ini untuk login Survei Lingkungan Belajar:

  • NPSN
  • Token
  • NIK
  • Tanggal

Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.


Baca juga artikel terkait SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight