Cara Hapus History Browsing Firefox Secara Otomatis dan Manual

Oleh: Ibnu Azis - 17 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menghapus riwayat brosing di Firefox bisa dilakukan secara manual dan otomatis.
tirto.id - Firefox, peramban andalan dari Mozilla, merupakan salah satu browser populer di dunia. StatCounter, situs web analisis lalu lintas web mencatat, pangsa pasar Firefox untuk Oktober 2019 sebesar 9,25 persen, di bawah Chrome yang di posisi puncak dengan 68,91 persen.

Firefox unggul dari Safari, browser andalan Apple yang berada di posisi ke-3 dengan pangsa pasar sebesar 8,68 persen. Edge dan Internet Explore, browser dari Microsoft melengkapi 5 besar yang berturut-turut masing-masing punya pangsa pasar mencapai 4,51 persen dan 4,45 persen.

Hadir di lintas platform, Firefox pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 atau 17 tahun yang lalu. Peramban ini tersedia untuk perangkat desktop maupun laptop termasuk mobile. Firefox juga hadir di lintas sistem operasi (OS) mulai Windows, macOS, Linux termasuk OS mobile seperti Android maupun iOS.

Pengguna Firefox disarankan untuk menghapus riwayat browsing secara rutin terkait persoalan privasi dan keamanan. Tindakan ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan dengan memilih opsi "History" kemudian klik "Clear Recent History".

Sebagaimana dijelaskan oleh Mozilla melalui laman Firefox Support, menghapus riwayat browsing terdiri dari beberapa data, yakni Browsing & Download History, Active Logins, Form & Search History, Cookies, dan Cache. Ada pula opsi menghapus Data yang terdiri dari Site Preferences dan Offline Web Site Data.

Selain itu, pengguna bisa memilih periode data yang ingin dihapus atau Time Range to Clear mulai The Last Hour, The Last Two Hours, The Last Four Hours, The Current Day hingga Everything. Artinya, riwayat browsing bisa dihapus seluruhnya sejak Firefox pertama kali digunakan hingga satu jam terakhir.

Berikut cara menghapus riwayat browsing di peramban Firefox secara manual:

  1. Buka peramban Firefox kemudian klik tombol Library > History > ClearRecentHistory
  2. Pilih periode waktu menghapus riwayat browsing
  3. Pilih jenis data yang akan dihapus riwayatnya
  4. Jika memilih opsi Data, maka klik "SitePreferences" atau "OfflineWebSite Data", atau bisa dua-duanya
  5. Klik "Clear Now" untuk menghapus data-data terpilih

Menghapus history browsing di Firefox secara manual butuh komitmen dan disiplin. Kadang pengguna lupa menghapusnya saat aktivitas browsing usai, hanya tutup peramban atau langsung matikan komputer. Mozilla menyadari hal ini dan menawarkan fitur hapus riwayat browsing secara otomatis.

Berikut cara menghapus riwayat browsing di peramban Firefox secara otomatis:

  1. Klik tombol menu kemudian pilih "Preferences"
  2. Klik menu "Privacy & Security" lalu pilih "History"
  3. Pada menu drop-down di tab "Firefox Will" klik "Use Custom Settings for History"
  4. Pilih "Clear History When Firefox Closes"
  5. Untuk data spesifik yang ingin dihapus, pilih "Settings"
  6. Di menu itu lalu centang data apa saja yang ingin dihapus
  7. Klik "OK" untuk menyimpan

Jika opsi ini sudah aktif, maka Firefox akan menghapus riwayat browsing saat peramban ini ditutup

Melansir Lifehacker, Google Chrome juga punya fitur hapus riwayat browsing otomatis, pun juga dengan Microsoft Edge. Chrome bahkan juga menawarkan hapus data pribadi lainnya, seperti riwayat lokasi hingga riwayat video YouTube yang telah ditonton termasuk riwayat penelusuran video.


Baca juga artikel terkait FIREFOX atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight