Cara Gunakan Fitur Keamanan Baru Zoom untuk Cegah Zoombombing

Oleh: Balqis Fallahnda - 23 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengaktifkan fitur keamanan terbaru dari Zoom untuk mencegah zoombombing.
tirto.id - Zoom mengumumkan telah merilis dua fitur keamanan baru pekan lalu. Fitur kemanan baru tersebut berguna untuk menghapus dan melaporkan peserta rapat yang mengganggu atau sering disebut dengan istilah “Zoombombers”.

Sejak Zoom mendapatkan popularitas di masyarakat sebagai platform rapat daring selama pandemi, sering serangan yang muncul saat rapat dengan menampilkan video yang mengejutkan dan konten yang mengganggu. Kejadian tersebut kemudian dikenal dengan sebutan “Zoombombing”, demikian dilansir Antara News.

Dengan fitur keamanan baru Zoom, peserta rapat dapat menangguhkan rapat untuk memblokir konten buruk agar tidak ditampilkan dan juga melaporkan Zoombomber ke Zoom.

Cara Gunakan Fitur Keamanan Zoom


The Verge menjelaskan, untuk menangguhkan rapat, klik ikon Keamanan saat melakukan panggilan, lalu klik "Tangguhkan Aktivitas Peserta".

Tindakan keamanan tersebut dapat dilakukan oleh host, co-host, dan peserta. Peserta rapat dapat melaporkan pengguna yang mengganggu langsung dari klien Zoom dengan meng-klik lencana Keamanan di kiri atas.

Saat melakukan tindakan keamanan tersebut, semua video, audio, obrolan dalam rapat, anotasi, berbagi layar, dan rekaman akan ditangguhkan dan semua ruang breakout akan berakhir, yang seharusnya menutup aktivitas Zoombomber.

Dari sana, Zoom akan bertanya kepada penyelenggara apakah mereka ingin melaporkan pengguna, dan jika mereka melakukannya, pengguna (zoombombers) tersebut akan dikeluarkan dari rapat dan tim keamanan Zoom akan diberi tahu.

Zoom mengatakan, fitur baru tersebut sudah diaktifkan secara default untuk semua pengguna gratis dan berbayar dan tersedia di klien Zoom untuk Mac, PC, dan Linux, serta aplikasi seluler Zoom.

Notifier Rapat Berisiko


Musim gugur ini, Zoom menggunakan Notifier Rapat Berisiko untuk memindai postingan media sosial publik dan situs web lain yang membagikan tautan Zoom Meeting ke publik.

Saat alat mendeteksi rapat yang tampaknya berisiko tinggi terhadap gangguan, alat ini otomatis memberi tahu pemilik akun melalui email dan memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan.

Langkah-langkah ini dapat mencakup menghapus rapat yang rentan dan membuat rapat baru dengan ID rapat baru, mengaktifkan pengaturan keamanan, atau menggunakan solusi Zoom lain, seperti Zoom Video Webinar atau OnZoom.

Jika mendapatkan email, sangat penting untuk mengambil tindakan untuk mengurangi resiko rapat yang akan dilakukan terganggu.

Zoom memberi himbauan kepada pengguna, bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan rapat Zoom adalah dengan tidak pernah membagikan ID rapat atau kode sandi di forum publik mana pun, termasuk media sosial.


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight