Menuju konten utama

Cara Daftar Ulang Unair Jalur Mandiri 2021, Alur Registrasi, Syarat

Jadwal daftar ulang jalur mandiri UNAIR dibuka pada 5 Juli 2021 dan ditutup pada 9 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

Cara Daftar Ulang Unair Jalur Mandiri 2021, Alur Registrasi, Syarat
Gedung Universitas AIrlangga. FOTO/news.unair.ac.id

tirto.id - Ujian seleksi Jalur Mandiri Universitas Airlangga (UNAIR) 2021 sudah kelar dilaksanakan. Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang sebagai proses administrasi lanjutan setelah tes masuk.

Proses daftar ulang jalur mandiri Unair dijadwalkan dibuka pada 5 Juli 2021 dan ditutup pada 9 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

Mengutip situs resmi Unair, pendaftaran ulang merupakan proses yang bersifat wajib bagi calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi. Pada tahun ini, pendaftaran Unair dilakukan secara daring melaui situs resminya di sini.

Alur Registrasi Ulang Peserta Jalur Mandiri Unair 2021

Pendaftaran ulang peserta jalur mandiri UNAIR 2021 diawali dengan pengisian biodata lengkap calon mahasiswa baru dan pengunggahan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Bagi calon mahasiswa baru Unair yang dinyatakan lolos seleksi diminta untuk melakukan registrasi dengan alur sebagai berikut.

1. Calon mahasiswa baru yang lolos seleksi mengisi biodata dan mengunggah berkas yang diminta secara online melalui situs https://regmaba.unair.ac.id/ mulai 5 Juli 2021 hingga 9 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

2. Calon mahasiswa baru yang telah mengisi biodata dan mengunggah berkas diminta untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan bank mitra Unair dengan menyebutkan nomor peserta ujian.

3. Tata cara pembayaran biaya kuliah UNAIR dapat dilihat via link bit.ly/pembayaranuktonline.

4. Pembayaran dilakukan mulai tanggal 5 Juli sampai 10 Juli 2021. Namun, mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak perlu melakukan pembayaran dan cukup menunggu proses verifikasi berkas.

5. Alur selanjutnya adalah verifikasi berkas yang dilakukan oleh pihak universitas. Proses verifikasi bakal dilakukan pada 5-11 Juli 2021.

6. Bila terdapat kesalahan/kekurangan pada berkas yang diunggah, nantinya calon mahasiswa baru akan mendapatkan keterangan melalui SMS dan situs regmaba.unair.ac.id.

7. Bila biodata dan berkas sudah selesai diverifikasi, calon mahasiswa baru akan mendapat Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

8. Calon mahasiswa baru juga sudah dapat mencetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sementara dengan terlebih dahulu mengisi formulir melalui cybercampus.unair.ac.id.

9. Proses selanjutnya ialah pendataan peserta BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes, yang bakal dilakukan pada 12-17 Juli 2021. Proses ini dilakukan melalui laman https://bit.ly/Verif-BPJS-PLK-Maba2021.

10. Alur selanjutnya adalah pengambilan jaket almamater. Jadwal pengambilan belum ditentukan namun pengumumannya dapat dilihat pada laman kemahasiswaan.unair.ac.id jika sudah keluar.

11. Unair juga mencantumkan Contact Person (CP) untuk pengambilan jaket almamater yaitu nomor Whatsapp 082231064107 dan 081259166445.

7. Alur berikutnya adalah pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022. Jadwal acara pengukuhan ini belum dipastikan dan akan diumumkan di laman kemahasiswaan.unair.ac.id.

8. Tahapan terakhir ialah tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (Pusba) Unair, sesuai dengan jadwal yang sudah diumumkan. Jadwal tes kemampuan bahasa Inggris dapat dilihat di laman http://pusatbahasa.unair.ac.id/.

Berkas Persyaratan Daftar Ulang Jalur Mandiri UNAIR

Selain pengisian biodata, calon mahasiswa baru juga diharuskan untuk mengunggah berkas-berkas yang diperlukan dalam registrasi untuk pendaftaran ulang peserta jalur mandiri UNAIR 2021.

Semua ukuran berkas yang diunggah diharuskan maksimal 2 Mb dan berformat PDF, kecuali untuk pas-foto yang berformat JPG.

Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk registrasi antara lain:

1. Pas Foto

Berkas pas foto diharuskan dengan warna latar belakang merah, memakai kemeja berwarna putih, boleh berjilbab dengan warna bebas, dan tidak memakai kaca mata. Berkas berformat JPG dan berukuran maksimal 2 Mb.

2. Kartu Tanda Peserta Jalur Mandiri 2021

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

3. Surat Keterangan Lulus/Ijazah

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

4. Akte Kelahiran

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

5. Kartu Keluarga (KK)

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

6. Surat Pernyataan bermaterai

Surat dapat diunduh melalui laman http://bit.ly/spregmabaua. Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

7. Surat Keterangan Sehat

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb. Detail ketentuan surat keterangan sehat dapat dilihat pada laman link ini.

8. Surat Keterangan Ketunaan

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

9. Kartu BPJS Kesehatan/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Askes

Berkas berformat PDF dan berukuran maksimal 2 Mb.

Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI atau tulisan lainnya dari Rizal Amril Yahya

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Rizal Amril Yahya
Penulis: Rizal Amril Yahya
Editor: Addi M Idhom