Cara Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online di prakerja.go.id

Penulis: Yantina Debora - 30 Sep 2021 13:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Formulir Prakerja diisi setelah berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja. Berikut ini panduan cara daftar Kartu Pra Kerja secara online.
tirto.id - Mengisi formulir Prakerja adalah salah satu tahapan dalam membuat akun Kartu Pra Kerja yang dilakukan pada saat mendaftar secara online melalui situs prakerja.go.id.

Kartu Pra Kerja ini bisa diperoleh dengan melakukan pendaftaran secara online. Sistem online dipilih agar tak tak ada duplikasi atau pendaftar dengan dua kartu.

Kartu ini merupakan bantuan berupa biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Dikutip dari Prakerja.go.id, Kartu Pra Kerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga untuk buruh, karyawan dan pegawai atau semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Cara Membuat Akun Kartu Pra Kerja


Cara mendaftar Kartu Pra Kerja bisa melalui portal https://www.prakerja.go.id/. Sebelum mendaftar Kartu Pra Kerja, Anda haru membuat akun terlebih dahulu.

Daftar akun Kartu Pra Kerja itu sangat mudah. Anda bisa pakai email atau nomor ponsel kamu yang aktif. Pendaftar wajib mengisi data atau informasi pada Situs dengan benar.

Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.

Berikut panduan membuat akun Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id:

  1. Masukkan email atau nomor ponsel.
  2. Klik Daftar.
  3. Selanjutnya pilih metode verifikasi.
  4. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.
  5. Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.

Cara Isi Formulir Prakerja


Setelah membuat akun, berikut cara daftar program Kartu Pra Kerja. Caranya antara lain:

  1. Login akun, Klik Daftar Kartu Pra Kerja.
  2. Isi formulir pendaftaran.
  3. Klik Selanjutnya.
  4. Lakukan Tes Kemampuan Dasar.
  5. Klik Selesai.
  6. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, pengguna akan menerima notifikasi berikutnya di akun.

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, Anda dapat memeriksa status pendaftaran Kartu Pra Kerja melalui akun Anda di situs Kartu Pra Kerja dan klik Cek Status Pendaftaran.

Ketentuan yang perlu diketahui calon pesertayaitu anggaran Kartu Pra Kerja sebesar Rp10 triliun untuk 2 juta penerima manfaat program Kartu Pra Kerja selama tahun 2020.

Nantinya peserta Kartu Pra Kerja akan menerima sejumlah uang dengan besaran biaya transportasi menjadi Rp650ribu dari yang sebelumnya hanya Rp500 ribu.

Rinciannya Rp500 ribu didapat selama dua bulan pelatihan dan Rp150 ribu sebagai tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Pra Kerja. Di luar itu adalah uang yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan.

Seluruh dana ini akan diberikan secara non tunai. Tepatnya melalui platform Link Aja, OVO, dan Bank Negara Indonesia.


Baca juga artikel terkait KARTU PRA KERJA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight